Teknik Dan Tujuan Membaca

Teknik-Dan-Tujuan-Membaca

Membaca adalah suatu kegiatan yang pasti sudah biasa dilakukan oleh masyarakat di abad 21.

Saat ini tingkat literasi masyarakat pun semakin meningkat. Jika ditelisik lebih dalam sadarkah Anda jika selama ini Anda mungkin telah menerapkan berbagai jenis teknik membaca agar mencapai tujuan membaca tertentu.

Beberapa Jenis Teknik Membaca

Secara garis besar membaca dapat dilakukan dalam beberapa teknik. Di mulai dari teknik yang paling dasar hingga lanjut. Berikut beberapa jenis teknik yang telah kami rangkum dari sebuah website pendidikan Cryptowi.com, selamat memahami.

1. Membaca keras

Teknik membaca banyak dilakukan oleh anak ketimbang orang dewasa karena masa anak-anak adalah masa dimana manusia perlu banyak berlatih.

Fokus dalam teknik ini adalah ketepatan bunyi bukan pemahaman isi. Jadi terkadang dengan membaca keras, pembaca tidak terlalu banyak mendapatkan info.

2. Scanning

Seperti namanya, ketika menerapkan teknik membaca scanning, pembaca harus men-scan atau memilih bagian penting dari suatu bacaan. Biasanya sebelum membaca teknik ini, pembaca sudah mengetahui apa yang perlu dicari dalam membaca.

Sehingga ketika membaca, bagian yang tak penting akan dlewati.

Teknik membaca ini biasa Anda lakukan saat membaca berita di koran, mencari arti di kamus atau mencari no telepon tertentu dalam buku telepon.

Membaca scanning dilakukan secara cepat untuk mendapatkan informasi tertentu yang dibutuhkan.

3. Skimming

Sama-sama membaca dengan cepat, teknik skimming lebih runtut dan umum dibandingkan teknik scanning.

Teknik ini biasanya dilakukan dalam membaca buku. Dalam teknik ini, membaca di awali dari bagian paling awal (cover, daftar isi, dsb) hingga paling akhir untuk mengetahui jalan pikiran penulis.

4. Membaca kritis

Di antara teknik membaca sebelumnya, teknik ini adalah teknik yang lanjut. Saat Anda membaca kritis, bisa jadi tidak ada bagian yang Anda lewatkan karena semua bagian akan menjadi bahan Anda dalam menguraikan pendapat Anda mengenai pokok bahasan yang Anda baca.

Teknik ini biasanya dilakukan oleh para pelajar ketika membuat esai, para pengacara ketika memahami isi tuntutan atau bahkan sekedar seseorang yang hendak akan berdiskusi. Tujuan dari membaca ini mengkritisi isi pokok tulisan. Sehingga setelah membaca Anda harus menyampaikan opini Anda.

Tujuan Membaca Secara Umum

Setelah melakukan beberapa teknik membaca di atas, tentunya ada beberapa tujuan membaca yang harus dicapai.

Tujuan membaca cukup bervariasi. Secara umum, biasanya orang membaca untuk mencapai beberapa tujuan berikut.

1. Mendapatkan informasi

Tujuan membaca yang satu ini adalah tujuan yang hampir tiap hari Anda terapkan. Membaca koran, status di media sosial, membaca pengumuman, semuanya secara sadar atau tidak Anda lakukan untuk mendapatkan informasi yang mungkin sebelumnya belum Anda ketahui.

2. Melatih pemahaman

Bagi pembelajar bahasa asing, membaca bacaan dalam bahasa tersebut dapat meningkatkan pemahaman Anda akan bahasa yang dipelajari.

Bagi anak, membaca akan meningkatkan pemahaman dan keterampilan membaca. Tujuan ini biasa diterapkan oleh seseorang dengan tujuan pembelajaran.

3. Mengkritisi isi tulisan

Jika Anda terlibat dalam forum diskusi atau rapat misalnya. Anda diwajibkan untuk memahami suatu tulisan agar Anda dapat berpendapat mengenai bahasan dalam tulisan tersebut. Itulah mengapa mengkritisi isi tulisan bisa jadi satu tujuan dalam membaca.

4.  Menambah kreativitas dan imajinasi

Bagi Anda penikmat novel, cerpen, dongeng, dan sebagainya, memmbaca bisa jadi pintu Anda ke dunia lain yang penuh imajinasi atau latar cerita yang tidak pernah Anda duga sebelumnya. Sama asyiknya dengan menonton film, membaca dengan tujuan ini banyak dilakukan untuk mendapatkan hiburan/kesenangan.

Itu tadi beberapa teknik dan tujuan membaca. Setelah mengetahui semuanya, teknik dan tujuan mana yang biasa Anda terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Seberapa banyak Anda sering membaca? Apa pun jawabannya teruslah membaca agar menjadi insan yang berliterasi.

Tinggalkan Balasan