Suzuki Satria 2 Tak

Suzuki Satria 2 Tak

Suzuki Satria 2 Tak hingga saat ini masih digemari pencinta otomotif 2 tak di Indonesia. Model bebek sporty, teknologi yang diusung serta sejarah sebagai motor yang rutin menjadi pemenang dalam kejuaraan balap nasional saat itu, menarik perhatian para kolektor dan pencinta motor 2 tak untuk meminangnya. 

Bagi yang belum tahu, Suzuki Satria 2 Tak memiliki tiga model sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 hingga berhenti produksi pada tahun 2005 silam, yakni Satria S 120, Satria Lumba dan Satria Hiu.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas ketiga model Suzuki Satria 2 Tak di atas, agar kamu mengenal lebih dekat motor legendaris ini. 

Simak ulasannya di bawah ini.

3 Generasi Suzuki Satria 2 Tak di Indonesia

Suzuki Satria 120 S

Suzuki Satria 2 Tak

Suzuki Satria pertama yang diperkenalkan di Indonesia adalah Satria 120 S yang dirilis pada tahun 1997 hingga 1999. 

Suzuki Satria 120 S merupakan versi lokal dari Suzuki RG Sport 110 yang diproduksi dan dipasarkan di Malaysia saat itu. Untuk versi lokal, Suzuki Indonesia memutuhkan untuk meningkatkan kapasitas mesin menjadi 120,7 cc berpendingin udara dengan sistem bahan bakar karburator Mikuni VM 18 SS.

Mesin Suzuki Satria S sendiri mampu menghasilkan tenaga maksimum 13 tenaga kuda pada 7.500 rpm yang dialirkan melalui 5 percepatan, lebih unggul dibandingkan pesaingnya yang saat itu umumnya mengusung mesin 100 – 110 cc. Suzuki Satria S juga unggul karena menggunakan mesin tegak yang sangat sporty.

Meski cukup sukses dalam meraih ceruk pasar motor bebek Indonesia saat itu, bukan berarti Satria 120 S tanpa kritik, sistem transmisi 5 percepatan dengan sistem rotary banyak dikritik pencinta otomotif saat itu.

Suzuki Satria 120 R Lumba

Suzuki Satria 2 Tak

Menjawab kritikan, Suzuki Indonesia pada tahun 2000 merilis Suzuki Satria 120 R atau yang lebih dikenal sebagai Suzuki Satria Lumba.

Secara design dan fitur, Suzuki Satria R identik dengan Satria S. Namun, perbedaan besar berada pada karburator, transmisi dan sistem starter. 

Suzuki Satria Lumba menggunakan transmisi manual 6-percepatan dan memakai sistem sport dengan pola 1-N-2-3-4-5-6, mirip seperti pola Suzuki RGR 150. 

Perubahan sistem transmisi manual, kemudian karburator yang lebih besar yakni Mikuni VM 20 SS menjadikan performa motor ini lebih responsif. Perubahan-perubahan pada motor ini mampu memerikan tenaga hingga 13,5 tenaga kuda dan torsi maksimum 13,2 Nm.

Sama seperti pendahulunya, Suzuki Satria Lumba dengan cepat menjadi primadona anak-anak muda saat itu. Seringnya motor ini menjuarai kejuaraan balap motor skala nasional melambungkan penjualan motor ini.

Suzuki Satria 120 R Hiu

Suzuki Satria 2 Tak

Memasuki tahun 2003, Suzuki melakukan perombakan pada sisi design pada motor ini. Motor yang dikenal sebagai Suzuki Satria Hiu ini didatangkan secara Completely Built Up dari Malaysia. 

Suzuki Satria Hiu memiliki design yang lebih sporty daripada varian sebelumnya, motor ini memiliki lampu yang lebih menyipit dengan aksen body yang lebih tajam.

Pencinta Motor 2 Tak meyakini, perubahan design pada Satria 2-tak ini guna merespon peningkatan popularitas Yamaha 125 Z saat itu. 

Generasi terakhir Suzuki Satria ini masih mengusung mesin 2-tak 120 cc yang mampu menghasilkan tenaga 13,3 tenaga kuda yang mampu memberikan kecepatan maksimum 130 km/jam.

Suzuki Satria Hiu merupakan seri terakhir dari Suzuki Satria 2 Tak di Indonesia, regulasi pemerintah yang mengatur batasan emisi gas buang sepeda kendaraan bermotor menjadikan Suzuki Indonesia menghentikan peredaran Suzuki Satria 2 Tak pada tahun 2005 dan menggantikannya dengan Satria FU 150.

Harga Suzuki Satria 2 Tak

Meski saat ini pasar otomotif Indonesia dijejali motor matic maupun motor sport yang mengusung mesin 4-tak, bukan berarti motor 2-tak kehilangan pamor. Khususnya Suzuki Satria 2 tak, meski telah berhenti produksi pada tahun 2005, hingga saat ini pamornya tidak menurun dan harga jual Suzuki Satria 2 Tak bekas juga tidak dapat dibilang murah.

Harga Suzuki Satria Lumba bekas di pasaran saat ini berkisar Rp. 5.000.000 – Rp. 8.000.000, Sedangkan harga Suzuki Satria Hiu bekas saat ini berada dikisaran Rp. 6.000.000 – Rp. 10.000.000. Penting untuk diketahui, harga mengikuti kondisi motor dan seberapa banyak part orisinil yang diusung motor tersebut.

Demikian artikel mengenai 3 Generasi Suzuki Satria 2 Tak di Indonesia, sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Tinggalkan Balasan