Perbedaan SDHC dan SDXC

Memory card dibutuhkan untuk setiap perangkat elektronik seperti laptop, komputer atau smartphone. Hadirnya kartu memori tersebut, kamu bisa menyimpan berbagai data sesuai kapasitasnya.

Ada tiga jenis memory card yang dijual di pasaran yaitu SD, SDHC, dan SDXC. Ketiga jenis kartu memori tersebut mempunyai kapasitas dan performa yang berbeda.

Secara umum, perbedaan SDHC dan SDXC dapat dilihat dari kapasitasnya. Sehingga penggunaannya juga berbeda, sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Perbedaan SDHC dan SDXC

Memory card sangat bermanfaat untuk menyimpan data, mengirim data ke perangkat lain atau membackup data.

Kartu dengan bentuk sangat kecil tersebut dapat menyimpan data hingga pilihan GB bahkan ratusan GB. Kamu bisa menggunakannya untuk kebutuhan bisnis, kantor, tugas sekolah, dan sebagainya.

1. Kapasitasnya

SDHC atau Secure Digital High Capacity mempunyai kapasitas penyimpanan 4GB sampai dengan 32GB.

Sedangkan SDXC atau Secure Digital Extended Capacity mempunyai kapasitas penyimpanan lebih dari 32GB.

2. Teknologinya

SD High Capacity mempunyai teknologi berbasis SDA 2.0 dan format FAT32. Jenis memory card ini biasanya digunakan untuk perangkat yang dikeluarkan pada tahun 2008.

SDHC tidak kompatibel dengan perangkat SDCard standar. Hal tersebut karena sistem kerjanya yang berbeda dengan memory card standar tersebut.

SDXC didukung dengan teknologi berbasis SDA 3.0.  Sehingga lebih canggih dan terbaru dengan format yang berbeda yaitu exFAT.

SDXC tidak bisa digunakan oleh perangkat yang menggunakan SD standar dan SDHC karena sistem kerjanya berbeda dan mempunyai cara kerja sendiri.

3. Fungsi atau kegunaannya

Kartu memori digunakan untuk laptop, kamera, smartphone, dan alat elektronik lain yang menyediakan fitur penyimpanan card.

Setiap perangkat mempunyai fitur yang berbeda. Sehingga penggunaan memory card juga harus diperhatikan.

SCHC biasanya digunakan untuk perangkat yang dikeluarkan sebelum tahun 2010. Hal itu karena teknologi yang digunakan masih berbasis 2.0.

Sedangkan untuk SDXC bisa digunakan untuk berbagai perangkat saat ini. Termasuk untuk smartphone dan kamera untuk menyimpan berbagai jenis file.

4. Format

Perbedaan SDHC dan SDXC sangat terlihat dari format yang digunakan. Format untuk SD High Capacity adalah FAT32.

Sedangkan untuk format SDXC yang digunakan adalah ExFAT. Sehingga keduanya sangat terlihat berbeda dari jenis memory card lainnya.

Kamu bisa memilih kartu memori sesuai dengan perangkat yang digunakan. Sehingga kartu tersebut dapat mensupport perangkat dengan baik.

5. Kecepatan

Untuk mendapatkan kecepatan saat mentransfer data, kamu bisa memilih class kartu memori yang sesuai dengan perangkat.

Kecepatan tersebut dibedakan dari classnya yaitu class 2, class 4, class 6, class 8 dan class 10. Semakin tinggi kelas tersebut, semakin tinggi kecepatan kerjanya.

Kecepatan kartu memori tersebut disesuaikan dengan class yang kamu pilih. Jika kamu menggunakan class 2, maka kecepatan data minimum adalah 2 MB/s.

Jika kamu menggunakan class 6, maka kecepatan transfer data pada perangkat adalah minimum 6 MB/s.

6. Harga

Setiap memory card mempunyai harga yang berbeda-beda, termasuk untuk SD High Capacity dan SDXC.

Harga yang diberikan sesuai dengan teknologi yang ada di dalamnya. Semakin canggih dan berkualitas, harga kartu memori semakin mahal.

Harga juga bisa dilihat dari kapasitas penyimpanan kartu memori tersebut. Semakin besar kapasitasnya, harga yang ditawarkan bisa semakin tinggi.

Oleh karena itu, harga SDXC bisa lebih mahal dibandingkan dengan SDHC karena SDXC mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Memory card sangat bermanfaat sebagai tempat penyimpanan data penting. Baik tugas sekolah, pekerjaan, dan data penting lain dengan aman dan fleksibel.

Sesuai yang sudah dijelaskan mengenai perbedaan SDHC dan SDXC di atas, kini kamu bisa memilih kartu memori mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Tinggalkan Balasan