Perbedaan LCD dan LED

Kamu pasti sering mendengar istilah LCD atau LED bukan? Kedua istilah tersebut sering digunakan dalam bidang elektronika, terutama kelistrikan.

LCD dan LED dapat digunakan untuk berbagai produk elektronik, salah satunya TV. Teknologi tersebut mempunyai perbedaan yang cukup signifikan.

Perbedaan LCD dan LED dapat dilihat dari berbagai aspek. Secara umum, LED mempunyai kelebihan lebih tinggi karena termasuk inovasi teknologi baru yang muncul setelah LCD.

Perbedaan LCD dan LED

LCD atau Liquid Crystal Display merupakan teknologi yang mempunyai sifat cairan dan padatan seperti kristal cair. Kristal tersebut mempunyai molekul dengan struktur yang baik dan mengalir.

Pembuatan LCD tersebut dilakukan dengan mengapit elektroda transparan dengan kristal cair. Kedua molekul tersebut berada di antara filter polarisasi.

LED atau Light Emitting Diode merupakan teknologi yang dihasilkan dari persimpangan dioda p dan n. Dimana p adalah dioda positif dan n adalah negatif.

Persimpangan tersebut menghasilkan cahaya yang terpancarkan. Saat arus listrik mengalir ke arah depan maka cahaya tersebut akan keluar. Perbedaan LCD dan LED lainnya sebagai berikut.

1. Berdasarkan Kontras Cahaya

LCD menampilan layar hitam karena kristal cair tidak dapat menghentikan lampu katoda. Sehingga layar hitam yang ditampilkan berwarna hitam meski tidak sepenuhnya.

LED mempunyai warna yang lebih kontras dengan tingkat kecerahan yang baik. Teknologi ini dapat menghasilkan warna hitam yang lebih murni dan lebih baik dari LCD.

Hal tersebut dikarenakan LED diciptakan untuk memperbaiki teknologi LCD dengan menggunakan teknologi yang semakin canggih.

2. Berdasarkan Akurasi Warna

Jika dilihat dari akurasi warnanya, LCD mempunyai akurasi warna yang hampir sama. Sehingga warna yang dihasilkan lebih terlihat monoton.

Sedangkan LED dapat menghasilkan akurasi warna RGB yaitu merah, hijau, dan biru. Warna tersebut dapat dikombinasikan menjadi 16 warna yang berbeda.

Sehingga LED mempunyai akurasi warna yang lebih baik dan beragam. Terdapat juga akurasi dalam LED yaitu LED Edge dan Direct.

3. Kebutuhan Daya Listrik

Kedua teknologi tersebut biasanya digunakan untuk alat elektronik. LCD pada produk elektronik lebih sedikit mengonsumsi daya listrik.

Karena LCD masih menggunakan filamen plasma. Sehingga membutuhkan daya yang lebih sedikit untuk melakukan aktivasi.

Konsumsi daya  juga bisa disesuaikan dengan teknologi dan produk yang dibuat. Produk TV, laptop dan smartphone mempunyai pengaturan sendiri agar dapat menghemat daya.

Menurut review dari situs gawainesia.com, LED lebih membutuhkan banyak daya karena akurasi warnanya sangat beragam. Namun, kamu bisa menggunakan mode penghemat daya.

Dengan mode tersebut, daya listrik yang dibutuhkan lebih hemat dan rendah. Produk elektronik dengan LED sudah dilengkapi dengan fitur hemat daya atau energi.

Kamu juga bisa menggunakan mode tidur setelah mengaktifkan perangkat. Karena LED  menggunakan teknologi yang lebih canggih dan terbaru.

4. Harga

Perbedaan LCD dan LED tidak pernah lepas dari harganya. Karena teknologi yang digunakan lebih canggih, maka LED lebih mahal dibandingkan LCD.

LED dapat menampilan gambar dengan kualitas dan efisiensi yang sangat baik. Bahkan visual perangkat bisa lebih ringan dan lebih tipis.

Dengan teknologi canggih tersebut, produk LED dibanderol lebih mahal. Namun, kamu masih bisa menikmati hiburan dengan TV LCD.

TV LCD mempunyai harga yang terjangkau dengan kualitas yang standar. Kamu masih bisa menikmati berbagai hiburan dengan produk tersebut.

5. Penggunaan Merkuri

Pada LCD menggunakan merkuri dalam bentuk cair. Merkuri tersebut berwarna perak dan menjadi unsur LCD dalam lampu katoda.

Sedangkan LED tidak mempunyai merkuri. Sehingga penggunaanya lebih aman dan ramah lingkungan.

Merkuri termasuk zat yang mempunyai sifat toksin atau beracun. Sehingga berisiko bagi manusia dan lingkungan sekitar.

Berdasarkan perbedaan LCD dan LED, keduanya mempunyai kelebihan masing-masing. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat yang banyak dengan teknologi terkini, kamu bisa memilih produk LED.

Tinggalkan Balasan