Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pengertian-Pancasila-Sebagai-Dasar-Negara

Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Di dalam pengertian pancasila sebagai dasar negara tentu target gagasannya ialah segenap anak bangsa harus menjadikan pancasila sebagai dasar, asas, bahkan filsafat dalam berkehidupan di negara Indonesia.

Tak hanya itu, Pancasila sebagai dasar gagasan negara juga memiliki tafsir semantik kalau segala tindakan pengelolaan negara harus berdasarkan pada lima sila yang ada di Pancasila.

Jika tidak setujuan, tentu siapapun yang diberi mandat untuk melakukan pengelolaan negara akan mendapatkan masalah dengan hukum di Indonesia.

Pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara

Pengertian Pancasila adalah dasar negara terdapat pada Undang-Undang Dasar 1945 tepatnya di Alinea IV. Oleh karena itu, standar hukum dari Pancasila dalam hal pengaturan negara adalah tetap, fundamental dan bersifat final.

Artinya seluruh anak bangsa harus menjadikan Pancasila sebagai dasar hukum bernegara yang mengikat dan memaksa.

Bahkan terikat pula berbagai aturan masyarakat yang memiliki posisi hukum di bawahnya, baik itu hukum adat maupun norma-norma yang membudaya.

Bisa dikatakan Pancasila adalah dasar hukum yang tidak bisa diganggu gugat lagi keberadaannya. Sebagai sebuah hasil kesepakatan para founding father untuk memberikan jaminan agar kemerdekaan yang dicita-citakan benar-benar tercapai.

Jika Pancasila adalah Dasar Negara, Maka Ini yang Harus Dilakukan!

Pengakuan terhadap peranan Pancasila sebagai dasar negara tidak di mulut saja, tetapi juga harus diimplementasikan menjadi beberapa tindakan yang sesuai dengan sila-sila yang ada di dalamnya.

Hal ini menandakan, jika citra Pancasila tidak hanya selesai diistilah definitif semata tetapi memang menjadi dasar yang fundamental di dalam jiwa.

Oleh karena itu, memang selayaknya setiap warga negara harus melakukan tindakan-tindakan yang sesuai dengan Pancasila.

Baik ketika berperilaku di dalam berinteraksi sosial dengan masyarakat, maupun di dinamika yang lain seperti politik, pendidikan, kesehatan dan semacamnya. Ini tindakan-tindakan lebih detil yang dimaksud:

1. Orang Indonesia Wajib Bertuhan

Agama adalah satu unsur kehidupan yang juga diatur di dalam Pancasila tepatnya pada sila pertama. Jika ada pengakuan kalau pengertian Pancasila sebagai dasar negara, maka tentu seluruh rakyat Indonesia harus beragama atau bertuhan.

Itu artinya, tidak ada paham ateis maupun komunis dari segi spiritual dan peribadatan yang bisa tumbuh subur di negeri zamrud khatulistiwa. Hal ini karena keduanya mengusung ideologi “Tak Ber-Tuhan” yang sejatinya memang tidak sesuai dengan Indonesia yang justru sangat agamis dan spiritualis.

2. Orang Indonesia Harus Beradab

Tindakan yang berikutnya adalah orang Indonesia harus beradab seperti yang diinginkan Pancasila di sila yang ke-dua. Jika pun ada orang Indonesia yang tidak beradab dan tidak seenaknya saja dalam bersikap dengan meninggalkan esensi kemanusiaannya yang cinta peradaban, maka harus ditindak dengan tegas.

Pasalnya, mereka sudah ada indikasi untuk melanggar Pancasila sebagai dasar negara.

Salah satu contohnya, ketika ada orang Indonesia membunuh satu keluarga sekaligus, memperkosa anak tiri, membegal dengan kekerasan dan sejenisnya maka mereka harus ditindak keras kalau perlu hukum mati untuk memberikan efek jera.

3. Orang Indonesia harus Cinta Persatuan

Jika masih ada orang Indonesia suka mengadu domba berarti dia tidak memegang Pancasila sebagai dasar negara. Bahkan orang semacam ini bisa dianggap sebagai pelanggar sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia.

Orang Indonesia harus bersatu karena itu permintaan Pancasila yang telah digagas puluhan tahun yang lalu. Jadi segala tingkah laku masyarakat harus bermuara pada keinginan untuk menyatukan bukan justru memecah belah.

4. Orang Indonesia harus Mengedepankan Musyawarah dalam Menyelesaikan Masalah

Sebagai rakyat Indonesia tentu harus mengedepankan musyawarah saat terjadi masalah daripada melakukan tindakan yang melanggar hukum.

Karena ini sudah menjadi kesepakatan seluruh anak bangsa termasuk di dalam Pancasila di sila yang ke-empat.

5. Orang Indonesia harus Adil dan Berjiwa Sosial

Masyarakat Indonesia harus patuh pada instruksi sila Pancasila. Di sila yang kelima ada hukum kalau orang Indonesia harus bersikap adil serta membangun jiwa sosial yang baik.

Dalam konteks yang sama juga ada instruksi untuk menjaga pemerataan kemakmuran masyarakat dan sekaligus keamanannya di dalam berkecimpung di dalam dinamika politik, hukum, sosial, budaya, agama dan selainnya.

Itulah sebuah penjelasan singkat yang dimaksud dengan pengertian Pancasila sebagai dasar negara. Dimana dalam konteks ini, Pancasila adalah dasar dan sila yang harus dipatuhi oleh seluruh rakyat Indonesia di dalam mengarungi kehidupan.

Tinggalkan Balasan