Pengertian Internet : Perkembangan, Manfaat dan Dampaknya

Pengertian Internet Beserta Manfaat dan Dampaknya

Selama ini kita hanya memaksimalkan penggunaan internet untuk pekerjaan saja. Padahal mengetahui pengertian internet juga sangat penting. Paling tidak kita mengetahui apa saja dasar dari penggunaan internet beserta beberapa manfaat yang akan diberikan.

Meski memiliki banyak sekali manfaat untuk perkembangan berbagai jenis sektor. Ternyata internet juga memiliki banyak sekali dampak negatif. Menggunakan internet dengan bijak harus dilakukan agar bisa menekan efek negatifnya.

Pengertian Internet

Menurut Berners Lee, jaringan internet bisa diartikan sebagai jaringan yang akan tersambung dengan jaringan yang lain. Artinya jaringan pada sambungan lokal akan tersambung dengan jaringan dengan sambungan di luarnya atau internasional.

Internet bisa diartikan sebagai jaringan komputer yang tersambung dengan jaringan yang lain dan memiliki manfaat yang besar untuk kehidupan. Menurut O’Brien, manfaat ini bisa dirasakan di berbagai jenis sektor mulai dari pemerintahan, bisnis, hingga kependidikan.

Sementara itu menurut Sarwono, internet bisa diartikan sebagai jaringan internasional yang terhubung satu dengan yang lain. Tidak ada orang yang bertanggung jawab pada jaringan ini sehingga internet akan berjalan dengan sendirinya dan memberikan dampak yang bervariasi pada pengguna.

Dari tiga pengertian internet diatas bisa disimpulkan jika internet adalah suatu jaringan yang memberikan manfaat secara nyata pada umat manusia. Adanya internet bisa memberikan kemudahan di berbagai jenis sektor meskipun terkadang memiliki dampak negatif.

Perkembangan Internet

Internet baru masuk di Indonesia pada tahun 1994. Ketika masuk penggunaannya masih sangat terbatas dan hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan pemerintahan ataupun beberapa perusahaan besar. Untuk masyarakat umum belum ada penggunaan internet secara pasti.

Penggunaan internet untuk masyarakat mulai banyak digunakan pada tahun 2000-an awal. Masyarakat mulai menggunakan internet dengan hadirnya beberapa layanan dari PT Telkom. Internet ini dulunya bersistem dial.

Seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan internet mulai banyak dimaksimalkan. Salah satunya adalah penggunaan internet yang mulai dilakukan dengan munculnya berbagai jenis warnet. Masyarakat khususnya pelajar bisa mengakses dengan lebih mudah.

Selanjutnya setelah ponsel mengalami perkembangan yang sangat pesat. Internet mulai banyak digunakan pada perangkat HP. Apalagi jaringan internet di Indonesia sudah sudah semakin maju dan semua kalangan bisa mengaksesnya dengan mudah.

Manfaat Internet

Berikut ini beberapa manfaat dari adanya internet :

1. Dunia Pendidikan

Dunia pendidikan memanfaatkan internet untuk berbagai hal. Salah satunya ketika sedang pandemi seperti sekarang, internet dimanfaatkan untuk pembelajaran secara online.

Seluruh siswa masih bisa mendapatkan pembelajaran dengan baik menggunakan aplikasi yang ada pada ponsel mereka. Mereka masih bisa melakukan tatap muka dengan guru secara langsung meskipun dengan menggunakan layar pada ponsel.

2. Layanan Komunikasi

Internet dimanfaatkan sebagai layanan komunikasi dengan pengguna berjumlah miliaran orang di seluruh dunia. Internet akan memudahkan seseorang untuk melakukan komunikasi dengan rekan atau keluarga mereka secara langsung.

Komunikasi ini bisa dilakukan secara real-time dan juga lebih hemat biaya. Jadi tidak hanya dengan melakukan panggilan telepon seperti puluhan tahun yang lalu. Tetapi sudah bisa melakukan panggilan video dengan lebih mudah dengan memanfaatkan gadget yang dimiliki.

Dengan manfaat yang cukup besar Ini layanan komunikasi dengan memanfaatkan internet berkembang dengan sangat pesat di seluruh dunia. Tidak mengherankan juga jika ponsel ataupun komputer semakin laris manis karena bisa dimanfaatkan untuk teknologi ini.

3. Promosi dan Penjualan Barang

Promosi juga bisa dilakukan dengan menggunakan internet khususnya pemanfaatan media sosial. Selain melakukan promosi penjualan barang juga bisa langsung dilakukan di sana secara langsung. Jadi, bisa langsung mendapatkan penjualan yang sesuai dengan kebutuhan.

Promosi dan penjualan ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan website atau bisa juga dengan menggunakan sosial media seperti facebook dan instagram atau menggunakan marketplace seperti shopee dan tokopedia. Semua hal bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga bisa meningkatkan jumlah keuntungan yang dimiliki oleh pebisnis.

4. Pencarian Informasi

Internet juga bisa digunakan untuk melakukan proses pencarian informasi terkait dengan banyak hal. Informasi terkait dengan berita juga bisa didapatkan dengan mudah bahkan bisa muncul dengan sendirinya pada browser ponsel.

Selain itu, mereka yang mencari informasi terkait dengan pekerjaan yang dilakukan juga bisa dilakukan. Intinya informasi apapun bisa didapatkan dari internet selama kamu bisa melakukan filter agar tidak semua informasi dicerna secara mentah.

5. Bisnis Media

Internet zaman sekarang juga bisa digunakan untuk melakukan bisnis media. Sudah menjadi rahasia umum jika bisnis media memberikan keuntungan yang sangat besar kepada seluruh penggunaannya. Keuntungan ini akan berlipat ganda apabila dilakukan dengan serius dan menjalin kerja sama dengan banyak pihak.

Media sangat laris manis karena berbagai informasi akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Mereka akan menyajikan berbagai jenis konten yang menarik atau yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selanjutnya, masyarakat akan terus membuka situs yang di dalamnya terdapat iklan.

Dari sinilah hubungan saling menguntungkan antara dua belah pihak terjadi. Pengguna akan mendapatkan informasi yang sangat jelas sementara itu pemilik media juga akan mendapatkan keuntungan dari berbagai jenis iklan yang ada di sana.

6. Perbankan

Dunia perbankan juga banyak menggunakan internet sebagai sarana untuk memudahkan para penggunanya. Salah satu yang paling sering digunakan adalah internet mobile banking atau bisa juga internet banking dengan memanfaatkan browser.

Selain itu sekarang sebagian besar bank juga sudah menggunakan mobile banking. Mobile banking menggunakan akses internet untuk memudahkan seseorang mengakses ke berbagai data perbankan yang dimiliki termasuk melakukan transaksi.

Dampak Negatif

Selain bermanfaat, internet juga memiliki dampak negatif, diantaranya yaitu :

1. Ketergantungan

Dampak negatif dari penggunaan internet yang pertama adalah ketergantungan. Internet memang memberikan manfaat kepada banyak orang dan kemudahan. Tetapi sebagian orang justru memanfaatkannya untuk mendapatkan hiburan saja.

Salah satunya adalah ketika mereka menggunakan media sosial jenis apapun. Karena mengalami ketergantungan mereka akan lebih banyak melakukan aktivitas di media sosial. Padahal ada banyak hal lain yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan bekerja.

2. Akses Konten Asusila

Internet akan memberikan kemudahan akses pada siapapun untuk mendapatkan apa yang mereka mau. Sayangnya kemudahan akses ini bisa sedikit memberikan efek buruk karena konten asusila yang ada pada internet jumlahnya juga sangat banyak.

Konten asusila ini bisa membuat seseorang jadi ketergantungan dan melakukan hal-hal negatif. Misal dengan mengunduh berbagai jenis konten asusila itu dengan mudah. Selain itu juga ketergantungan dan tidak melakukan aktivitas yang lebih produktif.

3. Penipuan

Terakhir dan cukup mengerikan adalah aktivitas penipuan atau social engineering. Internet sangat mudah digunakan untuk melakukan berbagai jenis penipuan mulai dari pencurian data hingga melakukan pencurian uang.

Apalagi pengguna internet yang ada di Indonesia belum sepenuhnya memiliki tingkat literasi yang tinggi. Akibatnya mereka akan mudah sekali ditipu apalagi mendapatkan iming-iming and yang cukup menggiurkan.

Mereka tidak sadar sedang ditipu dan mau melakukan apa pun yang diminta. Akhirnya data pribadi mereka yang sangat penting dicuri dan akhirnya tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Dengan memahami pengertian internet sesuai dengan ulasan di atas. Kamu jadi lebih mengetahui seperti apa internet dan penggunaannya untuk perkembangan teknologi. Jadi, bisa memaksimalkan penggunaan internet dan mencegah dampak negatifnya secara maksimal.

Tinggalkan Balasan