Memilih Bibit untuk Budidaya Ikan Gurame

Salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak diminati masyarakat dan memiliki potensi besar untuk dibudidayakan yakni ikan gurame.

Selain dagingnya yang tebal dan enak, gurame juga memiliki kandungan omega 3 serta nutrisi lain yang sangat bagus untuk tubuh.

Sayangnya, masih sedikit yang memilih membudidayakan ikan gurame yang dinilai agak sulit dan membutuhkan modal lebih banyak ketimbang budidaya ikan lainnya.

Pada dasarnya, kunci utama keberhasilan bisnis ikan gurame terletak pada pemilihan bibit yang berkualitas untuk hasil panen yang melimpah. Lantas bagaimana caranya?

Cara Memilih Bibit Berkualitas untuk Budidaya Ikan Gurame

Sebenarnya, bibit yang paling bagus dan berkualitas adalah hasil dari pemijahan sendiri, sehingga Anda bisa memastikan langsung kualitas bibit dari indukan.

Namun bagi pemula tentu saja masih sangat sulit, jadi Anda bisa membelinya dari petani dengan menerapkan beberapa tips di bawah ini:

  1. Belilah bibit gurame dari petani terpercaya dan sudah berpengalaman
  2. Pilih bibit yang sehat, yakni memiliki gerakan yang lincah dan juga aktif
  3. Pada umumnya, ikan gurame berkualitas akan terlihat bergerombol di siang hari
  4. Pilih bibit untuk budidaya ikan gurame dengan sisik mengkilap
  5. Pastikan juga bahwa ikan bebas dari segala macam penyakit dan hama
  6. Pilih benih ikan gurame yang sempurna dan tidak cacat

Belilah benih ikan yang memiliki umur minimal 1 tahun dengan berat minimal 100 gram per ekor. Hal ini bertujuan supaya waktu budidaya hanya berkisar 6 hingga 7 bulan untuk mendapatkan bobot ikan sekitar 500 gram/ekor dengan tingkat kematian rendah

Untuk mempermudah proses perawatan ikan dan perhitungan luas kolam, maka pilihlah bibit ikan dengan umur serta bobot yang hampir sama

Selain menerapkan tips di atas, pastikan juga bahwa kolam ikan telah dalam keadaan steril bebas dari segala macam zat berbahaya dan bibit penyakit.

Sebelum melepaskan bibit ke dalam kolam, biarkan bibit beradaptasi dengan lingkungan dan suhu air terlebih dahulu. Caranya yakni dengan meletakkan plastik berisi bibit ke dalam kolam dan tunggu hingga mengembun.

Baca juga: Rekomendasi Umpan Ikan Nila.

Setelah itu buka plastik dan lepaskan bibit ikan ke dalam kolam. Memilih bibit untuk budidaya ikan gurame sebenarnya susah-susah gampang, pastikan bibit yang Anda pilih berkualitas ya. 

Tinggalkan Balasan