Cara Membersihkan Keyboard

cara membersihkan keyboard

Memang sangat menyebalkan jika keyboard pada laptop maupun komputer yang kita gunakan mendadak rusak dan tidak bisa digunakan. Terlebih lagi jika kita dalam kondisi yang buru – buru harus menyelesaikan pekerjaan maupun tugas yang hampir masuk tenggat waktu atau deadline.

Sebagai salah satu perangkat keras periferal yang cukup penting, salah satu penyebab keyboard pada laptop maupun komputer tidak dapat berfungsi dengan maksimal yaitu dikarenakan terdapat kotoran dan juga debu.

Nah jika keyboard pada laptop maupun komputer kamu mempunyai kinerja yang kurang maksimal dikarenakan kotor atau banyak debu, maka kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

Namun sebelum itu perlu kamu perhatikan bahwa kamu harus mencabut kabel keyboard yang terpasang pada komputer maupun mematikan laptop sebelum memulai membersihkan keyboard, penasaran bagaimana caranya? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Membersihkan Keyboard dari Debu

Salah satu permasalahan yang sering dialami pada keyboard yaitu debu. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu kamu bisa membersihkannya menggunakan brush, sikat, maupun sikat gigi yang lembut.

Namun untuk keyboard pada laptop, sangat disarankan untuk menggunakan vacum cleaner yang berukuran kecil supaya tidak merusak komponen laptop kamu. Untuk debu yang membandel, kamu bisa menggunakan jenis sika yang sedikit lebih keras lagi.

2. Membersihkan Keyboard dari Kuman

Karena keyboard pada laptop maupun komputer hampir digunakan setiap hari, maka wajar saja keyboard tersebut bisa menjadi sarang berbagai macam kuman untuk berkumpul bahkan berkembang biak.

Dengan begitu kamu bisa menggunakan alkohol yang mengandung isopropyl untuk membersihkan kuman – kuman yang ada pada keyboard kamu. Kenapa tidak menggunakan produk desinfektan? Karena biasanya desinfektan mengandung elemen etil.

Karena elemen etil tersebut bisa mengikis huruf – huruf pada keyboard di laptop maupun komputer kamu. Untuk batas aman alkohol yang bisa kamu gunakan yaitu alkohol dengan kadar 60 persen maupun

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan cutton bud maupun kain yang sudah kamu basahi dengan cairan pembersih. Gosok permukaan keyboard secara merata menggunakan kain tersebut dan cutton bud untuk sisi – sisi atau bagian sela – sela keyboard.

3. Membersihkan Keyboard dari Tumpahan Air

Menumpahkan air, bahkan soda maupun kopi ke keyboard pada laptop maupun komputer kamu mungkin menjadi hal yang paling buruk untuk keyboard kamu. Salah satu hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu segeralah mencabut kabel keyboard dari komputer.

Meskipun banyak orang yang langsung membersihkan keyboard dalam keadaan basah, namun sebaiknya kamu mengeringkan keyboard terlebih dahulu. Setelah kering, kamu bisa mencopot tombol keyboard satu – persatu kemudian hilangkan cairan yang masih melekat pada keyboard.

Hal tersebut dilakukan supaya tombol keyboard pada laptop maupun komputer kamu bisa dibersihkan dengan maksimal sehingga tidak ada lagi cairan yang tersisa. Melepas tombol keyboard pada laptop maupun komputer juga cukup mudah.

Untuk keyboard komputer kamu hanya memerlukan pisau atau obeng pipih untuk melepas tombol keyboard dari sisi – sisinya. Kemudian untuk keyboard laptop, kamu bisa menggunakan kuku jari untuk melepasnya.

Dalam melepaskan tombol keyboard, jangan terlalu menggunakan tenaga. Karena mekanisme tombol keyboard rentan patah. Jika sudah dilepas, kamu bisa membersihkan bagian yang basah menggunakan kain hingga kering. Jika sudah benar – benar kering kamu bisa memasangnya kembali.

Demikian pembahasan ringkas dari kami mengenai cara membersihkan keyboard pada laptop maupun komputer mulai dari debu, kuman, maupun tumpahan minuman. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Tinggalkan Balasan