Makanan untuk Kucing Menyusui

Makanan untuk Kucing Menyusui

Makanan untuk kucing menyusui yang bagus itu seperti apa? Pilihan merek makanan untuk kucing menyusui ada apa saja ya? Dua pertanyaan ini sering sekali ditanyakan oleh teman-teman kami yang kucingnya baru saja melahirkan. Kunci utama sebenarnya pahami dulu bagaimana kebutuhan nutrisinya. Makanan untuk kucing menyusui yang bagus paling tidak harus mengandung protein tinggi, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Nutrisi lengkap ini banyak terdapat pada makanan khusus kucing menyusui atau makanan khusus kitten. Berikut 17 rekomendasi makanan untuk kucing menyusui yang kami kutip dari situs goldenmaze.net.

1. Royal Canin Mother & Baby Cat

Pencinta kucing pasti tidak asing dengan Royal Canin. Merek yang satu ini menawarkan banyak sekali varian makanan kucing, termasuk untuk kucing menyusui. Salah satu varian Royal Canin untuk kucing menyusui adalah Royal Canin Mother & Baby Cat. Apa keunggulannya? Dari segi nutrisi, varian Mother & Baby Cat memiliki protein 34%, crude fiber 1,9%, antioksidan, serta vitamin E. Formulasi ini mampu mendukung sistem kekebalan dan menjaga kesehatan pencernaan induk kucing. Dari segi tekstur, kibblenya cukup lunak dan renyah sehingga mudah dikonsumsi.

Varian Royal Canin Mother & Baby Cat ini juga tersedia dalam pilihan makanan basah (wetfood). Penyajiannya bisa dicampur dengan makanan kering untuk meningkatkan nafsu makan kucing menyusui. Ikuti panduan penyajiannya di kemasan atau website Royal Canin agar asupan nutrisinya tetap optimal.

Kisaran harga Royal Canin Mother & Baby Cat:

KemasanHarga
195 gram – wetfoodRp35.000,00
400 gram – freshpackRp68.000,00
2 kilogram – freshpackRp303.000,00

2. Kitchen Flavor Baby Cat & Kitten

Rekomendasi makanan kucing menyusui yang berikutnya adalah Kitchen Flavor Baby Cat & Kitten. Produk keluaran CPPetindo ini sudah berlabel grain free sehingga bisa dipastikan tidak ada penggunaan biji-bijian yang akan membuat kucing alergi. Bahan pembuatannya hanya menggunakan ayam, ikan, ubi jalar, kentang, kacang polong, ragi, dan lemak ayam. Komposisi utama nutrisi pada Kitchen Flavor Baby Cat & Kitten terdiri dari protein 31%, fiber 5%, dan fat 12%. Ada juga tambahan Vitamin A, C, D3, E, B1, B2, B6, dan B12.

Secara keseluruhan, Kitchen Flavor Baby Cat & Kitten memiliki banyak sekali keunggulan yang cocok untuk kucing menyusui. Mulai dari menjaga kesehatan sistem pencernaan, membantu gerak peristaltik usus, mempertajam penglihatan, hingga meningkatkan kekuatan fisik.

Produk Kitchen Flavor Baby Cat & Kitten ini bisa dibeli di pesthop dan marketplace. Berikut kisaran harganya:

KemasanHarga
1,5 Kilogram – freshpackRp117.000,00
8 Kilogram – freshpackRp585.000,00

 

3. Iskhan Cat Grain Free Kitten

Iskhan Cat Grain Free Kitten dari produsen asal Korea layak dicoba sebagai makanan untuk kucing menyusui. Sama seperti produk sebelumnya, Iskhan Kitten juga sudah berlabel grain free. Komposisi bahannya menggunakan daging salmon, daging ayam asli, dan sayur-sayuran sehingga kucing aman dari risiko alergi. Kandungan proteinnya cukup tinggi, yaitu mencapai 36%. Ini sangat baik untuk induk kucing menyusui yang memang membutuhkan lebih banyak protein. Selain itu, ada kandungan lemak 20% dan serat 5%. Menariknya lagi, Iskhan Cat Grain Free Kitten dilengkapi degan asam lemak omega. Fungsinya untuk menutrisi induk kucing, serta meminimalisir kemungkinan penyempitan pembuluh darah.

Iskhan Cat Grain Free Kitten tersedia di petshop dan marketplace. Kisaran harganya, yaitu:

KemasanHarga
300 gram – freshpackRp30.000,00
2,5 kilogram – freshpackRp220.000,00

 

4. Happy Cat Kitten Poultry

Walaupun utamanya ditujukan untuk kitten, tapi Happy Cat Kitten Poultry juga cocok untuk induk kucing yang sedang menyusui. Kandungan proteinnya yang tinggi mencapai 35% mampu memenuhi kebutuhan kucing menyusui. Bahkan, sebagian besar protein tersebut bersumber dari protein hewani seperti daging ayam dan salmon berkualitas. Ada juga kandungan taurine untuk kesehatan hati, omega 3 & 6, serta urinary tract. Happy Cat mengklaim bahwa produk ini diproses secara natural. Tidak ada penambahan gula, kedelai, pewarna, dan perasa buatan.

Tekstur kibble dari varian ini tergolong ekstra kecil karena memang dibuat untuk kitten usia mulai dari 5 minggu. Namun, teksturnya masih mudah dikunyah dan dicerna oleh induk kucing yang sedang menyusui. Tertarik mencoba produk ini? Langsung saja beli di marketplace atau petshop terdekat.

Harga Happy Cat Kitten Poultry:

KemasanHarga
300 gram – freshpackRp49.000,00
1,4 kilogram – freshpackRp192.000,00
4 kilogram – freshpackRp470.000,00

5. Iams Healthy Kitten

Alternatif produk makanan untuk kucing menyusui berikutnya adalah Iams Healthy Kitten. Seperti kata ‘healthy’ yang tersemat pada namanya, produk ini memang memiliki nutrisi yang lengkap untuk kesehatan kucing. Bahan-bahan seperti daging ayam, kalkun, telur utuh, dan minyak ikan dipadukan untuk menghasilkan produk makanan yang berkualitas. Kucing menyusui akan mendapatkan protein sebanyak 29,5%, lemak kasar 18,5%, dan serat 3%. Semua nutrisi tersebut akan membantu kesehatan otot, perkembangan otak, meningkatkan sistem imun, dan menjaga kesehatan tulang.

Kisaran harga Iams Healthy Kitten di marketplace dan petshop:

KemasanHarga
1 kilogram – freshpackRp135.000,00
3 kilogram – freshpackRp350.000,00

6. HiQ Kitten & Mother Care

Sesuai namanya, produk ini dibuat khusus untuk anak kucing dan induk kucing menyusui. HiQ Kitten & Mother Care menggunakan bahan-bahan berkualitas premium. 63% proteinnya berasal dari protein hewani yang mudah dicerna. Terdapat kandungan vitamin kompleks dengan lipid untuk immune power yang mendukung kekebalan tubuh induk kucing menyusui.

Induk kucing tentu memerlukan penyerapan nutrisi secara cepat. Tujuannya tentu untuk mendukung kesehatan kitten yang masih bergantung pada air susu induknya. HiQ Kitten & Mother Care dilengkapi dengan nanoagent (mineral alami). Mineral ini akan terproses menjadi nano partikel sehingga dapat bergerak lebih cepat di pencernaan dan penyerapan nutrisi pun lebih efisien.

HiQ Kitten & Mother Care tersedia di marketplace dan petshop dengan kisaran harga sebagai berikut:

KemasanHarga
400 gram – freshpackRp60.000,00
1,8 kilogram – freshpackRp300.000,00

 

7. Royal Canin Pro Queen

Satu lagi varian makanan kering dari Royal Canin untuk kucing menyusui, yaitu Royal Canin Pro Queen. Protein yang terkandung di dalamnya sebanyak 32%. Jumlah ini cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing yang sedang menyusui. Selain itu masih ada kandungan asam lemak esensial, beta karotin, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan kompleks. Kelimanya baik untuk menambah energi dan memperkuat imun tubuh induk kucing selama masa menyusui.

Berdasarkan pengalaman produk ini jarang tersedia di petshop, terutama yang skalanya agak kecil. Namun, kamu bisa menemukannya dengan lebih mudah di marketplace. Kisaran harga Royal Canin Pro Queen:

KemasanHarga
500 gram – repackRp60.000,00
1 kilogram – repackRp122.000,00
4 kilogram – freshpackRp500.000,00

8. Equilibrio Kitten

Makanan kucing dengan merek Equilibrio mudah ditemukan di petshop, termasuk varian untuk kitten ini. Equilibrio Kitten cocok untuk diberikan sebagai makanan untuk kucing yang sedang menyusui. Kandungan proteinnya 35%, serat 2,7%, dan lemak 20%. Formulasi bahan dan vitamin pada Equilibrio Kitten dibuat premium, tetapi harganya masih sangat terjangkau. Keunggulan lainnya ada pada aromanya yang tajam. Ini sangat membantu untuk memancing nafsu makan kucing. Dari segi tekstur, kibblenya cukup renyah dan mudah dikonsumsi.

Dari ulasan beberapa teman yang pernah menggunakan produk ini untuk kucingnya, rata-rata mereka puas dengan Equilibrio Kitten. Kucingnya mau makan dengan lahap dan hasilnya pun terlihat. Kucing menjadi lebih berisi dan aroma pupnya menjadi tidak terlalu tajam.

Kisaran harga Equilibrio Kitten di petshop dan marketplace:

KemasanHarga
500 gram – repackRp35.000,00
1,5 kilogram – freshpackRp125.000,00
7,5 kilogram – freshpackRp540.000,00

9. Nature Bridge Baby Kitten

Nature Bridge Baby Kitten merupakan produk makanan kering premium untuk anak kucing yang usianya kurang dari 3 bulan. Namun, dengan kandungan protein 30%, lemak 20%, dan serat 5%, produk ini juga cocok untuk induk kucing yang sedang menyusui. Menariknya, produk Nature Bridge Balance Kittendiklaim ‘gluten free’ dan ‘no pork’.

Adapun komposisi bahan yang digunakan dalam produk ini antara lain, ayam, bebek, kacang polong, beras merah, hingga minyak ikan salmon. Ada juga potongan wortel, brokoli kering, akar licorice, dan rumput laut. Semua bahan tersebut akan membantu memperkuat fisik induk kucing yang sedang menyusui.

Penasaran ingin membeli produk Nature Bridge Baby Kitten? Kamu bisa membelinya di petshop atau marketplace. Berikut kisaran harganya:

KemasanHarga
1,5 kilogram – freshpackRp207.000,00 – Rp 230.000,00

10. Kis-Kis Kitten

Kis-Kis Kitten merupakan makanan kering super premium yang cocok untuk induk kucing menyusui. Formulasi bahan, vitamin, dan mineralnya mampu membantu produksi air susu yang optimal. Selain itu, protein yang terkandung di dalamnya mencapai 34%, dengan lemak 22%. Protein ini merupakan digestible protein sehingga mudah dicerna dan penyerapan nutrisinya lebih efisien.

Terdapat campuran antioksidan alami yang membantu menangkal radikal bebas dan perbaikan jaringan tubuh. Selain itu, induk kucing menyusui juga masih akan mendapatkan kekebalan tubuh dan kesehatan pencernaan melalui EPA, DHA, MOS dan FOS. Produsen Kis-Kis Kitten menambahkan ekstrak Yucca Schidigera sebagai pengendali bau. Ekstrak herbal ini bisa mengurangi bau kurang sedap dari kotoran maupun urine kucing.

Kamu bisa mendapatkan produk ini di petshop yang menjual produk premium dan juga marketplace. Kisaran harganya tertera di bawah ini:

KemasanHarga
500 gram – repackRp44.000,00
2 kilogram – freshpackRp195.000,00
7,5 kilogram – freshpackRp561.000,00

11. Im Organic Kitten Baby & Mom

Sesuai namanya, Im Organic Kitten Baby & Mom memang dibuat untuk memenuhi asupan nutrisi bagi kitten dan induk kucing menyusui. Keunggulan dari produk ini ada pada kandungan antioksidan, vitabooster, dan formula supercoat. Selain itu, ada juga prebiotik dan probiotik untuk kesehatan pencernaan kucing. Untuk kekebalan tubuh, Im Organic Kitten Baby & Mom sudah dilengkapi dengan omega 3, omega 6, dan omega 9.

Biasanya nafsu makan kucing di masa menyusui akan meningkat tajam. Beberapa pemilik kucing sering khawatir kalau kucingnya akan kegemukan. Dengan varian makanan dari Im Organic ini, kamu tidak perlu khawatir lagi. Ada formula WCF ++ (weight control formula) yang akan mengontrol lemak tubuh. Nutrisi dari Im Organice Kitten Baby & Mom akan cepat menaikkan berat tubuh kucing, tetapi sekaligus mengontrol efek obesitas.

Komposisi bahan utama yang digunakan yaitu chicken, salmon, tuna, prawn, ground rice, telur, kentang, hingga fish oil. Analisis nutrisi pada Im Organic Kitten Baby & Mom antara lain: protein 38%, lemak 16%, serat 5%, kalsium 1,0%, fosfor 0,8%, dan moisture 10%. Dari beberapa ulasan yang kami temukan, tekstur kibblenya mudah dikunyah dan dicerna sehingga nutrisi bisa diserap tubuh secara maksimal.

Im Organic Kitten Baby & Mom tersedia di petshop dan marketplace dengan kisaran harga sebagai berikut:

KemasanHarga
1,8 kilogram – freshpackRp120.000,00
7,5 kilogram – freshpackRp410.000,00

12 Felibite Mother & Kitten

Ingin makanan kucing menyusui dengan harga yang cukup terjangkau? Kamu bisa coba Felibite Mother & Kitten. Produk asli Indonesia ini walaupun dijual dengan harga murah, tetapi tetap kaya nutrisi. Protein yang terkandung sebanyak 34%, serat 3%, lemak 12%, dengan kadar air maksimal 8%.

Beberapa bahan yang digunakan antara lain poultry meat meal, salmon, kacang kedelai, dan ada esktrak yucca schidigera. Ekstrak yucca ini bermanfaat untuk menetralkan aroma pup agar tidak terlalu tajam. Menariknya lagi, pada produk ini terdapat kandungan susu yang berguna untuk perkembangan tulang dan meningkatkan nutrisi induk menyusui. Ada juga vitamin C dan betta glucan yang bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh kucing. Mineral yang terkandung juga cukup komplit. Mulai dari zinc, potasium, taurine, kalium, selenium, hingga copper.

Felibite Mother & Kitten banyak tersedia di petshop, minimarket, dan marketplace. Tersedia dalam kemasan repack dan freshpack, dengan kisaran harga:

KemasanHarga
500 gram – repackRp23.000,00
800 gram – freshpackRp34.000,00

13. Markotops Kitten & Mother with Goat Milk

Markotops Kitten & Mother merupakan makanan kering yang diformulasikan untuk anak kucing, kucing hamil, dan kucing menyusui. Bahan utama yang digunakan adalah daging ayam dan salmon segar. Produk ini mengandung goat milk yang berfungsi sebagai super immune booster untuk daya tahan tubuh kucing. Selain itu, komposisi nutrisinya juga kaya dengan mineral, vitamin, enzim, kalsium, serta asam lemak. Dari tekstur, kibblenya yang berbentuk segitiga ini cukup renyah sehingga tidak menyulitkan saat dikonsumsi oleh kucing.

Kisaran harga Markotops Kitten & Mother with Goat Milk:

KemasanHarga
1 kilogram – repackRp21.000,00
1 kilogram – freshpackRp24.500,00
20 kilogram – freshpackRp465.000,00

14. Me-O Kitten

Satu lagi produk dari CPPetindo yang cocok untuk kucing menyusui, yaitu Me-O Kitten. Produk makanan kering ini hanya tersedia dalam satu rasa, yaitu ocean fish (ikan laut). Kami pernah beberapa kali menggunakan varian me-O Kitten untuk kucing yang sedang menyusui. Rata-rata mereka menyukai varian ini dan hasilnya memang cukup bagus untuk induk maupun kittennya.

Beberapa bahan utama pada produk ini antara lain: daging ikan, ground corn, chicken by product meal, dan soybean meal. Komposisinya mengandung protein 30%, serat 5%, lemak 12%, kalsium 1,2%, dan fosfor 1%. Selain itu, Me-O Kitten dilengkapi dengan vitamin C ( 200mg/kg) dan taurine (0,4%) untuk kekebalan tubuh serta kesehatan mata.

Tidak sulit menemukan Me-O Kitten di petshop, supermarket,dan marketplace. Kisaran harganya pun masih cukup terjangkau, yaitu:

KemasanHarga
1,2 kilogram – freshpackRp74.000,00
7 kilogram – freshpackRp395.000,00

15. Vigor & Sage – Wolfberry Well Being Kitten

Di jajaran kelas ultra premium, Vigor & Sage varian Wolfberry Well Being Kitten bisa menjadi pilihan makanan untuk kucing menyusui. Produk ini sudah berlabel grain free (bebas biji-bijian). Jadi, aman untuk kucing yang mudah alergi.

Vigor & Sage Wolfberry Well Being Kitten menggunakan daging ayam segar sebagai sumber protein hewani tunggal. Komposisi proteinnya mencapai 33%, serat 4,5%, fosfor 1,2%, taurine 0,12%, dan kalsium 1,5%. Keunggulan lain ada pada penggunaan bahan herbal premium seperti wolfberry (goji berry), yam, dan kulit jeruk (tangerine peel).

Wolfberry mengandung vitamin dan mineral alami untuk mendukung sistem imunitas tubuh kucing. Yam dan kulit jerukmenjadi sumber vitamin C yang mengandung zat gelatin untuk meningkatkan kesehatan serta melindungi pencernaan.

Kisaran harga Vigor & Sage Wolfberry Well Being Kitten:

KemasanHarga
400 gram – freshpackRp100.000,00
2 kilogram – freshpackRp405.000,00
10 kilogram – freshpackRp1.368.000,00

16. Whiskas Dry Junior Ocean Fish Flavour with Milk

Rekomendasi makanan kucing menyusui berikutnya adalah Whiskas Dry Junior Ocean Fish. Produk dari Whiskas ini memiliki formulasi nutrisi yang cocok untuk kucing yang sedang menyusui. Komposisi nutrisinya yaitu protein 30%, fat 12%, serat 5%, dan moisture 12%. Sumber proteinnya berasal dari ikan laut asli yang dilengkapi dengan kalsium, fosfor, dan antioksidan. Tidak ketinggalan kandungan vitamin A, vitamin D, omega 3 dan 6, serta taurin. Ada juga campuran susu untuk menunjang kesehatan gigi dan tulang kucing.

Menariknya, kibble dari Whiskas Junior ini bentuknya berupa milky pocket yang renyah di bagian luar dan creamy di bagian tengah. Jadi, tidak perlu khawatir kucing akan kesulitan mengunyah atau mencerna makanan ini.

Produk Whiskas bisa kamu temukan dengan mudah di petshop, minimarket, dan marketplace.Kisaran harga Whiskas Dry Junior Ocean Fish with Milk:

KemasanHarga
450 gram – freshpackRp30.000,00
1,1 Kilogram – freshpackRp65.500,00

17. Proplan Kitten Starter dengan Formula Salmon & Tuna

Proplan menghadirkan varian makanan kering yang cocok untuk induk kucing di masa menyusui, yaitu Proplan Kitten Starter. Formulasi nutrisinya tergolong lengkap untuk memenuhi nutrisi kucing menyusui. Beberapa bahan baku utama yang digunakan yaitu daging salmon, daging tuna, ayam terdehidrasi, gandum utuh, hingga minyak hewani. Dengan pemilihan bahan berkualitas tersebut, Proplan Kitten Starter mengandung protein sangat tinggi mencapai 43%. Ada juga kolostrum untuk menunjang sistem imun dan kesehatan pencernaan kucing menyusui.

Berikut kisaran harga Proplan Kitten Starter dengan Formula Salmon & Tuna:

KemasanHarga
500 gram – repackRp55.000,00
1,5 kilogram – freshpackRp253.000,00
8 kilogram – freshpackRp800.000,00

Nah, sampai di sini, apakah ada merek makanan untuk kucing menyusui yang menarik perhatianmu? Apa pun yang akan kamu pilih, usahakan selalu mengecek ulang kandungan nutrisinya. Pastikan makanan tersebut mengandung nutrisi lengkap untuk kebutuhan kucing menyusui. Kamu juga bisa membandingkan manfaat dan keunggulan dari masing-masing merek tersebut. Sesuaikan dengan kondisi kucingmu supaya hasilnya lebih maksimal. Kalau kamu punya rekomendasi makanan untuk kucing menyusui lainnya, yuk, langsung bagikan melalui kolom komentar.  

Tinggalkan Balasan