7 Makanan Khas Tuban yang Lezat dan Bikin Nagih

Makanan-Khas-Tuban-yang-Lezat

Tuban adalah kota di Jawa Timur yang letaknya paling barat. Itu artinya, Tuban berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Selain itu, kota ini juga terletak di pesisir utara Pulau Jawa. Letak geografis ini turut memengaruhi karakter makanan khas di Tuban. Kebanyakan, makanan khas Tuban adalah olahan laut dengan bumbu saus berempah kuat. Penasaran? Berikut 7 makanan khas Tuban yang lezat dan bikin nagih:

1. Garang Asem Khas Tuban

(sumber: instagram.com/saladbuahlegokasri/)
Keunikan makananRasa asam dari tomat hijau dan kepala manyung
Cita rasa makananAsam, gurih, sedikit pedas
Tempat beli makananWarung Garang Asem Kepala Manyung Bogorejo-Sugihwaras
Harga makananRp35.000,00

Andalan dari sajian yang satu ini adalah kuahnya yang asam dan kental. Biasanya, orang-orang suka mengonsumsinya dengan nasi yang masih hangat.

Garang asem memang lebih terkenal sebagai makanan khas Jawa Tengah. Namun, Tuban juga memiliki sajian Garang Asem dengan karakteristik yang berbeda dibandingkan Garang Asem Jawa Tengah.

Hal yang khas dari Garang Asem Jawa Timur adalah adanya kepala ikan manyung. Rasa gurih ikan manyung yang bercampur dengan kuah santan yang khas menjadikan masakan ini lezat. Ikan manyung, selain terjangkau, memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu, bumbu Garang Asem pun begitu mudah menyerap ke dalam tekstur ikan manyung.

Aroma Garang Asem khas Tuban memang sangat kuat dan khas. Sehingga, menggoda siapa saja yang ada di dekatnya. Tertarik untuk mencobanya? Jika kamu sedang di Tuban, sempetin kuliner garang asemnya dulu. Dijamin, ketagihan. Hihihi.

2. Kare Rajungan

Makanan-Khas-Tuban---Kare-Rajungan
(sumber: instagram.com/rennyrh3/)
Keunikan makananLembutnya daging rajungan bercampur kuah kare
Cita rasa makananSedikit pedas, kental, kaya rempah, lembut
Tempat beli makananKuliner Tuban Rajungan Ndoro Bei
Harga makananRp100.000,00

Keindahan pantai-pantai di Tuban memang sudah bukan rahasia lagi. Untuk itu, jika kamu berkesempatan untuk pergi ke Tuban, kamu bisa mengunjungi beberapa pantai yang asri dengan ombak bersahabat. Contohnya, seperti Pantai Boom. Pantai Boom adalah rekomendasi terbaik bagi kamu yang sedang mengeksplorasi keindahan deretan Pantai Tuban yang eksotis.

Apa yang menarik dari Pantai Boom?

Pantai Boom letaknya tak jauh dari Alun-alun Tuban, sehingga relatif mudah dijangkau. Selain itu, Pantai Boom juga dekat dengan sebuah tempat makan yang menarik! Ya, sekitar 6 km dari Pantai Boom, terdapat restoran Kuliner Tuban Rajungan Ndoro Bei.

Menu unggulan dari restoran ini adalah Kare Rajungan. Yang membuat kare ini unik adalah bumbunya yang bersantan dengan aroma pala dan daun jeruk yang kuat.

Daging rajungan yang lembut membuat bumbu kare meresap sempurna. Biasanya, kare rajungan disajikan dengan sepiring nasi hangat dan es teh.

Makanan yang mengenyangkan, tinggi kalori, dan kaya gizi ini cocok untuk makan siang atau santap malam. Perut dan lidahmu akan merasa puas. Terlebih, harganya juga terjangkau, lho.

3. Cumi-cumi Hitam

Makanan khas Tuban – Cumi-cumi hitam
Keunikan makananRasa gurih dari tinta cumi asli, warnanya hitam
Cita rasa makananGurih dan pedas
Tempat beli makananNasi Cumi Hitam Bu Dar
Harga makananRp25.000,00-Rp100.000,00

Cumi-cumi memang makanan favorit sejuta umat. Maklum, rasanya gurih dan mudah dikombinasikan dengan berbagai macam bumbu.

Salah satu bumbu yang dianggap jodohnya cumi-cumi adalah bumbu hitam. Tahukah kamu? Bumbu ini adalah bumbu alami! Karena, bahan utama bumbu ini justru berada di dalam tubuh cumi-cumi itu sendiri!

Setelah bumbu-bumbu seperti bawang, cabai, lengkuas, kemiri, dan sebagainya ditumis, cumi-cumi dimasukkan. Kemudian, tinta hitam akan keluar dan bercampur dengan bumbu lainnya. Nah, inilah asal dari warna hitam yang gurih dan menggoda itu.

Cumi bumbu hitam cenderung sederhana dalam pengolahannya, sehingga mudah ditemukan di mana-mana. Selain itu, karena hewan ini melimpah di perairan Tuban, harganya pun terjangkau. Tertarik mencoba? Sulit menolak kelezatannya yang memikat!

4. Dumbek khas Tuban

Dumbek khas Tuban
Keunikan makananKenyal, bisa ditekan kemasannya
Cita rasa makananSangat manis
Tempat beli makananPasar-pasar di Tuban
Harga makananRp1.000,00-Rp2.500,00 per biji

Bisa dibilang, jajanan ini bukan hanya milik satu kota. Negara Brunei dan Malaysia pun memilikinya. Tak mengherankan, mengingat bahan dasarnya adalah santan, tepung beras, dan gula jawa yang memang mudah ditemukan di Asia Tenggara.

Jajanan ini ditandai dengan kemasan dari daun kelapa muda. Bagian ujungnya dipakai untuk menekan adonan keluar. Di Jawa Tengah (Purworejo), jajanan ini kerap disebut clorot. Namun, di Tuban dan Rembang, ia dijuluki dumbeg atau dumbek.

Rasanya sangat manis dan ringan. Harganya pun murah. Dumbek bisa kamu jumpai di pasar-pasar, dijual rentengan. Meskipun murah dan nagih, tetapi kamu harus membatasi diri saat makan dumbek. Pasalnya, kandungan gulanya cukup tinggi.

5. Belut Pedas khas Tuban

(sumber: instagram.com/melatiyeka/)
Keunikan makananBelut yang renyah karena digoreng dua kali
Cita rasa makananGurih, pedas, renyah
Tempat beli makananWarung Belut Jangkar
Harga makananRp15.000,00

Olahan air memang tidak sulit ditemukan di Tuban. Salah satunya adalah Belut Pedas khas Tuban.

Sajian belut memang ada di mana-mana. Namun, apa yang membuat belut Tuban begitu terkenal?

Rasa bumbunya kuat dan meresap sempurna. Pasalnya belut ini digoreng dua kali. Yang pertama, digoreng setelah dilumuri bumbu garam dan jahe. Kedua, setelah dilumuri bumbu pedas. Maka, tidak mengherankan jika sensasi rasanya gurih dan renyah.

Kerenyahannya membuat belut ini cocok disandingkan dengan nasi yang masih panas. Nah, kamu bisa menemui sajian belut pedas ini di berbagai warung makan di Tuban.

6. Becek Menthok khas Tuban

(sumber: instagram.com/latare.mbokjum/)
Keunikan makananKuahnya banyak, santannya kental
Cita rasa makananGurih, agak pedas, tekstur daging kenyal dan keras
Tempat beli makananWarung Sate Menthok Sor Sawo
Harga makananRp15.000,00

Tahukah kamu mengapa makanan ini disebut becek? Karena, kuahnya memang becek alias banyak!

Menthog atau menthok adalah itik serati dengan tekstur daging seperti bebek. Pada sajian becek menthok, daging menthok dimasak bersama kuah santan, rempah, cabai, dan sebagainya. Kemudian, ia akan disajikan bersama dengan bungkusan nasi jagung kecil-kecil.

Salah satu warung becek menthok terkenal di Tuban adalah Warung Sate Menthok Sor Sawo. Warung ini ramai dan cukup legendaris. Harganya pun sangat terjangkau, hanya Rp8.000,00 per porsinya.

7. Sate Menthok

Sate Menthok
Keunikan makananTekstur daging unik, kering, agak pedas
Cita rasa makananAgak pedas, gurih asin
Tempat beli makananWarung Sate Menthok Sor Sawo
Harga makananRp12.000,00

Sudah pernah coba sate ayam, kambing, atau sapi? Saatnya coba satai lain yang unik: satai menthok!

Sate menthok dibuat dari daging menthok. Sehingga, teksturnya pun lebih kenyal sekaligus lebih keras. Sate menthok dilumuri oleh bumbu-bumbu yang sederhana: bawang-bawangan, cabai, daun jeruk, dan garam. Namun, itulah yang justru membuatnya jadi lezat!

Sate menthok bisa kamu nikmati bersama nasi atau lontong. Namun, tidak ada salahnya, kok, menikmati sate menthok sendiri tanpa pendamping apa-apa. Dinikmati pada siang hari, sembari menyeruput segelas es teh, rasanya tetap enak!

Satai ini bisa kamu temukan di beberapa warung yang juga menjual becek menthok. Salah satunya, adalah Warung Sate Menthok Sor Sawo.

Tuban menawarkanmu kelezatan makanan yang sulit dilupakan, baik oleh lidah mau pun hatimu. Nikmati pantai-pantainya, lalu kunjungi tempat-tempat makannya. Dijamin, sepulang dari berlibur, kamu akan merasa lebih segar, bahagia, dan lebih kenyang! Yuk, buktikan sendiri kelezatan rasa sajian-sajian khas Tuban yang unik, kaya rasa, dan tentunya harganya terjangkau!

Tinggalkan Balasan