7 Makanan Khas Kebumen yang Lezat dan Bikin Nagih

Makanan-Khas-Kebumen-yang-Lezat-dan-Bikin-Nagih

Jika kamu berkunjung ke sebuah kota, jangan lupa untuk menikmati makanan khasnya. Makanan khas adalah cermin kebudayaan, kearifan lokal, dan identitas masyarakat setempat. Ada begitu banyak kisah, kebahagiaan, dan kelezatan yang dapat kamu temukan dalam sepiring makanan.

Nah, hal serupa juga dapat kamu temukan saat kamu ke Kebumen. Kota di selatan Jawa Tengah ini menyediakan berbagai macam sajian yang akan menggugah seleramu. Tidak sabar mencoba? Berikut 7 makanan khas Kebumen yang lezat dan bikin nagih:

1. Nasi Penggel Kebumen

(sumber: instagram.com/makhsum_prabowo/)
Keunikan makananBentuk nasi yang bulat-bulat seperti pingpong
Cita rasa makananGurih, berkuah, kental
Tempat beliNasi Penggel Pak Melan
Harga makananRp15.000,00

Nasi Penggel Kebumen adalah nasi bagi orang-orang yang rajin. Tahukah kamu apa alasannya?

Di Kebumen, nasi ini biasa disajikan pada pagi hari. Nasi Penggel dibentuk bulat-bulat, kemudian disajikan dengan guyuran sayur santan gurih, gori (nangka muda), melinjo, tempe, tahu, dan sebagainya. Terdapat pula tambahan lauk lain yang membuat nasi Penggel semakin gurih. Contohnya, seperti tempe, paru, jantung, babat dan jeroan lainnya.

Nasi Penggel biasa disajikan di dalam daun pisang. Kemudian, bungkus daun pisang tersebut dibuat seperti pincuk. Di Kebumen, kamu dapat menemukannya di pedagang kaki lima, warung kecil, atau di pasar. Harganya pun cukup terjangkau.

2. Sate Ambal

(sumber: instagram.com/infokulinerkebumen/)
Keunikan makananSaus yang terbuat dari tempe rebus, porsi yang besar
Cita rasa makananManis dan gurih
Tempat beliSate Ayam Ambal Pak Kasman
Harga makananRp34.000,00

Karena berasal dari daerah Ambal, Kebumen, maka sate ini dinamakan Sate Ambal. Sajian sate memang sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Namun, saat menjajal Sate Ambal, kamu akan tahu sisi unik dari sate ini.

Daging yang digunakan untuk membuat sate ini adalah daging ayam kampung. Inilah yang membuat Sate Ambal terasa empuk dan gurih. Kemudian, daging ayam kampung akan diberi bumbu kecap manis dan rempah.

Nah, yang membuat sate ini menjadi berbeda dengan sate kebanyakan adalah sausnya.

Bahan dasar dari saus ini adalah tempe rebus yang dihaluskan dan dicampur gula merah, bawang merah, bawang putih, dan rempah lain. Cita rasanya manis sekaligus gurih. Paduan sedikit rasa tempe rebus dan daging ayam adalah jodoh yang sempurna.

Kalau kamu ke Kebumen, jangan pernah lupa mencoba sate ini. Dimakan bersama nasi atau lontong, keduanya sama-sama enak! Terlebih lagi, porsinya besar. Sehingga, satu porsi Sate Ambal bisa dimakan untuk dua orang.

3. Yutuk Goreng

(sumber: instagram.com/omahwetanyk/)
Keunikan makananRempeyek yang terbuat dari undur-undur
Cita rasa makananRenyah, gurih, asin
Tempat beliWarung-warung Pantai Petanahan
Harga makananRp1.000,00 per rempeyek besar/Rp12.500,00 per kemasan

Bisa dibilang, makanan ini hanya bisa kamu nikmati kalau berkunjung ke Kebumen dan sekitarnya. Yutuk goreng pada dasarnya adalah rempeyek yang terbuat dari undur-undur dari famili Hippidae. Undur-undur kecil ini banyak yang hidup di pesisir selatan Jawa. Termasuk, pantai-pantai di tepi Kebumen, tentunya.

Yutuk kerap dijadikan camilan mau pun lauk. Saat dijadikan lauk, biasanya Yutuk disajikan bersama dengan pecel. Harganya pun murah. Satu rempeyek Yutuk dihargai sekitar Rp1.000,00.

Walaupun merupakan olahan laut, tetapi rempeyek Yutuk ini tidak amis, lho! Makanya, tidak heran kalau camilan ini bikin ketagihan. Biasanya, Yutuk juga dijadikan sebagai buah tangan khas dari Kebumen. Berminat nyoba?

4. Seafood Khas Kebumen

Seafood khas Kebumen
Keunikan makananHasil olahan laut yang kaya, bumbu yang variatif
Cita rasa makanan di restoranLezat, gurih, manis, banyak pilihan
Tempat BeliJalan Ayah-Karangbolong, Logending
Harga makananRp50.000,00-Rp150.000,00 (per porsi makanan besar).

Pesisir Kebumen menyimpan wisata pantai yang menarik. Setidaknya ada 10 destinasi wisata Pantai Kebumen yang sering di kunjungi wisatawan. Salah satu yang paling populer adalah Pantai Logending.

Saat berwisata ke Pantai Logending, kamu bisa menikmati wisata pantai dan wisata kuliner sekaligus.

Setelah selesai bermain di pantai, tentu kamu merasa lapar. Nah, seafood alias makanan laut bisa menjadi opsi untuk memulihkan tenagamu, nih! Artinya, setelah kamu selesai rekreasi di Pantai Logending, kamu bisa melanjutkan wisata kuliner masakan seafood khas Kebumen.

Di dekat Pantai Logending, terdapat warung masakan laut lezat dan murah yang sudah terkenal seantero Kebumen. Namanya adalah Rumah Makan Seafood Bu Nanang. Untuk menuju ke sana, jarak yang kamu tempuh hanya sekitar 800 meter dari Pantai Logending.

Karena dekat dengan pantai, ada banyak varian makanan laut yang bisa kamu rasakan di sini. Beberapa yang menjadi andalan adalah udang goreng tepung, udang saus mentega, dan olahan kepitingnya.

Kedekatan Kebumen dengan Samudera Hindia membuat hasil laut begitu mudah didapatkan di sana. Makanya, menu Rumah makan Seafood Bu Nanang sangat variatif. Harganya juga sangat bersahabat.

Biasanya, warung ini sangat ramai saat Lebaran tiba. Orang-orang yang mudik kerap makan bersama keluarga besar di sana. Ada begitu banyak sajian porsi besar yang lezat dinikmati bersama orang-orang terdekat.

5. Soto Ayam Petanahan

Soto Ayam Petanahan Khas Kebumen

Soto adalah makanan yang universal. Ada begitu banyak orang yang menjadikan sajian ini sebagai comfort food. Selain segar di lidah, soto juga kaya gizi dan mengenyangkan.

Nah, Kebumen juga punya soto andalan, nih. Soto ini dijual di warung-warung yang ada di dekat Pantai Petanahan. Apa yang unik dari soto ini?

Aroma rasanya memang berbeda dari soto-soto lain yang sering kamu jumpai. Aroma khas itu berasal dari bumbu kunyit dan jahe yang kuat. Selain itu, kecambah dan kecap di dalamnya lebih banyak. Dan, tidak seperti soto lain, Soto Ayam Petanahan juga tidak disajikan dengan bihun atau soun.

Soto Ayam Petanahan biasanya dimakan bersama nasi atau kupat lontong. Cita rasa daging ayam kampung yang digunakan membuat makanan ini menjadi lebih sehat, gurih, dan tentu saja empuk.

6. Lanting Khas Kebumen

Lanting Khas Kebumen
Keunikan makananTekstur keras, rasa gurih unik, bentuk angka 0 dan 8
Cita rasa makananGurih (lanting original), asin, manis, dsb (lanting rasa)
LokasiToko Lanting Keriyik
Harga makananRp9.000,00-Rp80.000,00 (tergantung pada ukuran dan rasa)

Jika kamu pergi ke pasar atau toko oleh-oleh di Kebumen dan sekitarnya, kamu pasti akan melihat camilan serupa cincin dan rantai. Nah, camilan itu dinamai lanthing atau lanting.

Lanting sudah dibuat turun-temurun sejak zaman nenek moyang. Ia merupakan camilan kerupuk yang terbuat dari singkong. Dibandingkan kerupuk biasa, lanting lebih tebal, keras, dan gurih. Selain itu, bentuknya pun seperti angka 0 dan 8.

Sebanyak lebih dari 100 desa di Kebumen memiliki sentra produksi lanting. Itulah alasan mengapa makanan ini penting bagi masyarakat Kebumen. Awalnya, lanting hanya diproduksi dengan rasa gurih saja. Seiring dengan perkembangan zaman, rasanya sudah lebih variatif. Ada lanting pedas, lombok hijau, jagung bakar, dan sebagainya.

Lanting memang enak dijadikan camilan atau dimakan bersama lauk dan nasi hangat. Lanting yang dikemas di dalam plastik bisa tahan berbulan-bulan, lho. Jadi, kamu bisa menjadikan lanting pilihan buah tangan saat pergi ke Kebumen.

Selain di daerah Kebumen, lanting juga dijual di kota-kota yang ada di sekitar Kebumen. Misalnya, di Purworejo dan Cilacap.

7. Jipang Kacang

(sumber: instagram.com/nish_vera/)
Keunikan makananSederhana, manis, berbentuk persegi panjang kecil
Cita rasa makananSangat mani
LokasiJipang Kacang Inti Rasa Kalijirek Kebumen
Harga makananRp14.500,00 (250 gram)

Suka dengan enting-enting atau camilan kacang manis lainnya? Kamu pasti akan ketagihan sama makanan ringan yang satu ini!

Jipang kacang adalah camilan khas Kebumen yang sederhana, tetapi kelezatannya sudah terkenal. Makanan ini hanya dibuat dengan dua bahan: kacang dan gula aren. Rasanya sangat manis dan aromanya harum.

Awalnya, jipang kacang dikemas di dalam daun pisang. Namun, kiwari, jipang dikemas di dalam plastik untuk membuat proses produksi semakin mudah. Jipang kacang tidak hanya dapat kamu jumpai di Kebumen, lho. Bahkan, makanan ini juga bisa kamu temukan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meskipun sangat enak dan terjangkau, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan ini terlalu banyak. Kandungan gulanya cukup tinggi, sehingga kurang baik untuk kamu yang memiliki kadar gula tinggi atau bahkan rentan terkena diabetes.

Mudik atau liburan ke Kebumen semakin seru saat ditemani makanan-makanan khas di atas. Setelah menyusuri pantai-pantai selatan yang cantik, puaskan perutmu dengan berbagai sajian khas Kebumen yang begitu kaya rasa dan terjangkau. Jangan lupa membawa beberapa sebagai oleh-oleh. Supaya, orang-orang terdekatmu juga dapat merasakan enaknya makanan-makanan yang dibuat turun-temurun di kabupaten ini.

Tinggalkan Balasan