Macam – Macam Teks Dalam Bahasa Indonesia

Bahasa adalah sebuah media komunikasi baik untuk antar individu, kelompok, hingga negara.

Bicara mengenai komunikasi, komunikasi terbagi ke dalam dua bagian yakni komunikasi verbal serta komunikasi non verbal.

Salah satu wujud dari komunikasi non verbal yakni berupa tulisan.

Di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menulis merupakan upaya terakhir dalam rangkaian aktivitas mendengarkan teks, menanggapi isi teks, serta membaca teks.

Teks sendiri memiliki definisi sebagai media atau cara seseorang dalam mengungkapkan suatu peristiwa atau kejadian secara komunikatif.

Untuk di dalam bahasa Indonesia sendiri, teks memiliki jenis yang sangat banyak dengan struktur dan kegunaan yang berbeda, berikut informasinya secara singkat:

1. Teks Anekdot

Teks anekdot tak hanya sekedar cerita lucu yang tersaji, tetapi terdapat fungsi penting di dalamnya yaitu untuk mengkritik / menyindir seseorang, instansi, hingga kondisi yang tengah terjadi disekitar kita namun dibumbui dengan sesuatu yang lucu sehingga tak menyebabkan pihak lain merasa tersinggung.

2. Teks Laporan

Teks laporan merupakan salah satu jenis teks di dalam bahasa indonesia yang memiliki tujuan untuk menggambarkan fenomena dari sebuah objek, kondisi, atau peristiwa dengan lengkap.

Teks laporan juga kerap disebut teks klasifikasi sebab isi teks tersebut meliputi klasifikasi terkait jenis sesuatu berdasarkan kriteria khusus.

3. Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan suatu karangan / paragraf yang di dalamnya mengandung informasi / pengetahuan yang digambarkan ke dalam bentuk padat, singkat & jelas.

4. Teks Negosiasi

Teks Negosiasi

Teks negosiasi merupakan sebuah teks yang isinya interaksi antara pihak -pihak yang memiliki kepentingan berbeda supaya dapat mencapai suatu kesepakatan.

5. Teks Prosedur

Teks Prosedur adalah teks yang isinya mengenai tahapan untuk melakukan sesuatu secara berurutan.

6. Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan suatu teks yang isinya berupa penjelasan mengenai sebab akibat dan proses yang berkaitan dengan berbagai fenomena alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, dengan harapan para pembaca bisa mengambil pelajaran dari kejadian / hal tersebut.

7. Teks Perintah

Kalimat Perintah merupakan serangkaian kata yang membentuk sebuah gagasan dengan tujuan untuk memerintah / menyuruh seseorang dalam melakukan sesuatu seperti apa yang dimau oleh penuturnya.

8. Teks Deskripsi

Teks deskripsi merupakan suatu karangan yang disampaikan secara penggambaran dengan jelas mengenai tempat, objek, dan peristiwa.

Jenis teks ini akan membuat pembaca seolah – olah dapat merasakan langsung apa yang tengah diungkapkan di dalam teks itu.

9. Teks Pantun

Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama, yang mempunyai empat baris pada setiap baitnya, berima abab, serta baris pertama dan kedua menjadi sampiran, sementara baris ketiga dan keempat merupakan isi.

10. Teks Puisi

Teks Puisi

Puisi merupakan sebuah karya sastra yang diberi irama sesuai dengan bunyi yang padu dengan pemilihan kata kiasan yang sifatnya imajinatif sehingga tampak indah serta penuh makna.

11. Iklan

Iklan merupakan sebuah teks yang bisa membujuk khalayak dengan halus dengan memadukan unsur gambar dan kata – kata, unsur gerak serta suara.

Iklan ini bisa dilihat melalui media cetak / media elektronik.

12. Laporan Perjalanan

Laporan perjalanan merupakan suatu laporan pertanggungjawaban selepas melakukan perjalanan / kunjungan ke sebuah tempat yang pada umumnya dilakukan suatu lembaga / institusi.

13. Teks Argumentasi

Teks argumentasi adalah salah satu jenis teks yang menerangkan dengan berupa pendapat yang didasari adanya bukti, alasan, dan juga contoh dari fakta yang berlangsung dengan tujuan untuk meyakinkan, mempengaruhi, meyakini si pembaca agar bisa sependapat dengan pemikiran si penulis teks itu sendiri.

Tinggalkan Balasan