7 Rekomendasi Kuliner Pekalongan yang Terkenal Lezat

Rekomendasi-Kuliner-Pekalongan-yang-Terkenal-Lezat

Menjadi salah satu kota yang memiliki berbagai macam kuliner, membuat wisatawan tidak bosan berkunjung ke Pekalongan. Menu yang disajikan juga sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia, inilah yang membuatnya rame pengunjung.

Ketika berkunjung ke Pekalongan, maka tidak afdol jika tidak menikmati wisata kulinernya. Kami telah merangkum beberapa tempat kuliner di Pekalongan yang terkenal akan menu lezatnya. Berikut 7 rekomendasi kuliner Pekalongan yang terkenal lezat :

1. Lesehan Nasi Megono Bu Suli

(sumber: instagram.com/yuyunisdaryanti/)
LokasiJalan Jeruk No. 30 B, Sampangan, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaBuka setiap hari (kecuali hari Selasa) pukul 11.30-20.30 WIB
Harga menu andalanNasi Megono, harga mulai dari Rp4.000
Menu makanan lainnyaPepes, cumi hitam, ayam goreng, sayur, telur ikan, dan lain sebagainya
Rating4,3/5 dari 235 ulasan Google

Disebut sebagai nasi Megono, makanan ini berupa nasi putih yang dipadukan dengan bumbu nangka muda cincang. Sebelumnya, nangka muda diberi bumbu pedas dan dikukus terlebih dahulu. Sehingga rasa lebih lezat.

Menjadi menu makanan yang sangat ikonis di Pekalongan, tentu banyak warung makanan yang menjualnya. Salah satunya adalah Lesehan Nasi Megono Bu Suli.

Secara umum, para pelanggan akan menambahkan menu lainnya untuk disantap dengan nasi Megono. Misalnya, cumi hitam, pepes, dan aneka lauk lainnya. Apalagi jika kamu menambahkan gorengan tempe yang masih hangat, sungguh nikmat.

Untuk dapat menyantap nasi Megono di rumah makanan ini, maka kamu tidak mengeluarkan biaya yang mahal. Sebab, dengan membayar Rp4.000 untuk menu campuran, kamu sudah bisa menikmatinya. Selain itu, ada juga menu spesial Rp7.000 dan menu nasi Megono cumi hitam hanya Rp19.000 saja.

Tertarik mencoba kuliner nasi Megono? Coba datang ke warungnya bu Suli.

Kuliner Lesehan Nasi Megono Bu Suli buka setiap hari, namun untuk hari Selasa tutup. Dalam sehari, warung makan ini mampu menghabiskan lebih dari 4 kg nangka muda yang dibuat menjadi Megono. Lebih menakjubkannya lagi, mereka juga bisa menghabiskan 8 hingga 10 kg beras. Jika kamu penasaran dengan rasa dari nasi Megono di tempat ini, yuk segera datang!

2. Soto Tauto Khas Pekalongan “MBAK DUR” – THR Sayun

(sumber: instagram.com/kisahkulinerku/)
LokasiJalan Gajah Mada No. 62, RW 6, Bendan, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga menu andalanSoto Tauto: Rp15.000 Garang Asem: Rp17.000
Menu makanan lainnyaSayur asem pecak panggang, tahu tempe, ayam opor, daging serundeng, daging rendang, sambal goreng ati sapi, ayam crispy, ayam serundeng, dan lain-lain
Rating4,4/5 dari 571 ulasan Google

Terinspirasi dari salah satu makanan Tiongkok yakni Caudo, pembuat Tauto melakukan modifikasi makanan kuliner dengan menambahkan kuah khusus. Pada awalnya, makanan ini populer di daerah Semarang. Namun, seiring berjalannya waktu, masyarakat Indonesia menyebutnya sebagai Soto.

Jika di wilayah Makassar disebut Coto, lain halnya dengan warga Pekalongan yang menyebutnya sebagai Tauto. Semakin banyak peminat, membuat Tauto menjadi salah satu bagian dari kuliner legendaris kota Pekalongan.

Oleh sebab itu, banyak dari warga Pekalongan menjadikan Tauto sebagai makanan favorite mereka. Alih-alih hanya menikmati, mereka juga menjadikannya sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Bahkan, mereka membuat Tauto agar sesuai dengan rasa caudo dan menggunakan bumbu khusus.

Salah satu rumah makan yang terkenal akan soto Tautonya adalah Soto Tauto Khas Pekalongan Mbak Dur. Selain menjual soto Tauto, mereka juga menjual menu lainnya. Di antaranya adalah garang asem, sayur asem, dan lain-lain. Harga di rumah makan tersebut cenderung terjangkau, sehingga kamu tidak perlu khawatir terlalu menguras dompet.

3. Garang Asem H. Masduki

(sumber: instagram.com/mumudoyanmakan/)
LokasiJalan Jenderal Sudirman No. 169, Kebulen, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 09.00-21.00 WIB
Harga menu andalanGarang Asem : Rp18.000/porsi
Menu makanan lainnyaNasi megono, ayam po’o, ayam opo, dan lain-lain
Rating4,2/5 dari 2.042 ulasan Google

Jika berkunjung ke kota Pekalongan, maka harus mencicipi kuliner khas kota batik ini, yakni garang asem. Nama rumah makan Garang Asem H. Masduki menjadi paling sering disebut jika kita membahas mengenai garang asem. Sebenarnya, garang asem adalah daging sapi yang dipadukan dengan kuah berbumbu khusus.

Ketika kamu memakan garang asem, maka rasa gurih akan menyambutnya. Rasa gurihnya berasal dari campuran bawang merah, bawang putih, laos, tomat, dan cabai yang menyatu dengan sangat sempurna. Kemudian dilengkapi dengan daging sapi rebus yang lembut dan dibumbui, sehingga cita rasanya pun semakin lezat.

Berbeda dengan daerah lain, garang asem Pekalongan tanpa menggunakan santan. Kuah garang asemnya juga memiliki warna agak kecokelatan, hal ini karena penyedap dari gula merah. Selain menu garang asem, rumah makan ini juga menghadirkan menu lainnya. Di antaranya adalah Ayam Po’o dan Ayam Opo.

Sebenarnya, ayam opo hampir mirip dengan garang asem. Namun yang membedakannya adalah daging, jika garang asem menggunakan daging sapi, maka ayam opo menggunakan daging ayam. Sedangkan ayam po’o adalah ayam goreng yang dibumbui dengan bumbu berwarna kuning. Di sini juga ada nasi legendaris kota Pekalongan, yakni nasi Megono.

4. RM Bung Kombor Kepiting

(sumber: instagram.com/vevee81/)
LokasiJalan Blimbing No. 134, Sampangan, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 09.00-17.00 WIB (hari Selasa tutup)
Harga menu andalanKepiting Gemes : Rp145.000 porsi kecil
Menu makanan lainnyaUdang, cumi, swike kuah tauco, scallop goreng, dan lain-lain
Rating4,4/5 dari 646 ulasan Google

Saat kamu traveling ke Pekalongan, jangan melulu fokus pada batik. Karena di Pekalongan juga ada wisata pantai dan wisata kuliner yang mengesankan. Kalau tertarik wisata pantai, kamu bisa mengeksplorasi Pantai Pekalongan bagian utara. Dan kalau tertarik wisata kuliner, kamu bisa menjelajahi berbagai kuliner seafood khas Pekalongan. Kalau ingin keduanya, gimana?

Kalau ingin keduanya, kamu pilih wisata ke Pantai Pasir Kencana saja. Lalu, setelah selesai rekreasi di pantai, kamu lanjut kuliner seafood di RM Bung Kombor Kepiting. Rumah makan Bung Kombor Kepiting jaraknya cukup dekat dari lokasi Pantai Pasir Kencana. Estimasi waktu dari Pantai Pasir Kencana ke RP Bung Kombor Kepiting sekitar 12 menit (4.6 km) via Jl. Kusuma Bangsa.

Apa keistimewaan dari kuliner RM Bung Kombor Kepiting, Pekalongan? Rumah makan ini menyediakan berbagai olahan seafood. Masakan kepiting adalah menu andalannya di rumah makan ini. Sehingga, ketika berkunjung ke Pekalongan jangan lupa untuk mencobanya.

Kepiting di rumah makan ini memiliki rasa pedang manis. Kombinasi rasanya, bikin lidah ketagihan. Rasanya pedas, ada sensasi manis. Tapi, entah kenapa, rasanya ingin makan terus sampai habis.

Selain kepiting, rumah makan ini juga menyediakan menu lainnya. Di antaranya adalah cumi, swike dengan kuah tauco, udang, dan menu nikmat lainnya.

5. RM Sop Buntut Bu Leman

(sumber: instagram.com/putrirh/)
LokasiJalan Dokter Wahidin No. 91 D, Noyontaan, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-18.00 WIB
Harga menu andalanSop Buntut Goreng : Rp70.000 per porsi
Menu makanan lainnyaIga bakar, sop iga, ayam bakar, ayam goreng, sayur asem, dan menu lainnya
Rating4,4/5 dari 2.753 ulasan Google

Menjadi salah satu tempat makan terkenal di Pekalongan, membuat Rumah Makan Sop Buntut Bu Leman menjadi favorite warga sekitar. Rumah makan ini menyediakan sop buntut sebagai menu andalan di sana. Memiliki lokasi strategis, sehingga kamu tidak akan kesusahan dalam mencari tempatnya.

Sudah berkembang sejak dahulu, membuat rumah makan ini menjadi salah satu tempat kuliner yang melegenda di Pekalongan. Sehingga bagi kamu yang ingin makan dengan orang terdekat, maka rumah makan ini sangat cocok kamu kunjungi.

Biasanya, banyak juga pelanggan yang membeli makanan di tempat ini karena sedang lewat jalan Pantura. Meskipun tidak semuanya, karena masih ada juga pembeli dari warga Pekalongan dan sekitar yang menjadi langganannya.

Rasa dari kuah Sop Buntut Bu Leman memiliki rasa yang sangat khas, sehingga membuatnya sungguh nikmat. Rasa gurih dari sop buntut sangat lezat jika disajikan dengan nasi hangat. Bagi kamu yang sedang merencanakan diet, maka akan tergoda jika berkunjung ke rumah makan ini.

6. Ayam Gepuk Super Lezat

(sumber: instagram.com/ayam_gepuk_exspress_kraton/)
LokasiJalan Gajah Mada Barat No.9, Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-18.00 WIB
Harga menu andalanAyam Gepuk : Rp21.000 per porsi.
Menu makanan lainnyaAyam bakar, ayam kremes, ayam rica-rica, dan menu lainnya.
Rating4,3/5 dari 2.009 ulasan Google.

Berkunjung pada siang hari ke Pekalongan, maka jangan lupa mampir ke rumah makan ini. Memiliki pilihan makanan yang begitu banyak, apalagi ditambah dengan tempatnya yang nyaman. Di sana terdapat beberapa pendopo yang bisa pelanggan jadikan tempat bersantai. Kamu bisa memilih tempat lesehan maupun kursi meja untuk menjadi tempat duduk saat makan.

Sebenarnya terserah kamu untuk datang kapan saja, namun ketika sedang berjalan pada jalur pantura, maka jangan lupa mampir. Kebanyakan dari pengendara datang ketika jam makan siang, sebab saat itu matahari sedang terik-teriknya.

Menu di sini sangat bervariasi, mulai dari olahan ayam hingga seafood juga tersedia. Kami merekomendasikan menu ayam tulang remuk dan gurame asam manis untuk kamu coba. Rasanya sangat sedap!

Meskipun harga dari makanannya relatif mahal, namun kamu tidak akan kecewa dengan rasa dari menu-menu makanan di sini. Karena rata-rata makanan di Ayam Gepuk Super Lezat itu enak, bahkan dapat membuat kamu nagih.

7. Teras Bali

(sumber: instagram.com/klaventakpernahlelah/)
LokasiJalan H. Agus Salim No. 72, Poncol, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 09.30-22.00 WIB
Harga menu andalanSop Buntut : Rp42.000 per porsi kecil.
Menu makanan lainnyaAyam bakar, nasi goreng, sop iga, iga bakar, dan lain sebagainya.
Rating4,2/5 dari 2.453 ulasan Google.

Di kota Pekalongan, rumah makan banyak tersedia dan merebak di mana-mana. Tentu saja kulinernya tidak selalu mengenai soto Tauto dan sego Megono yang memang sudah terkenal dan legendaris. Karena masih banyak juga menu kuliner andalan di Pekalongan.

Ketika kamu berkunjung ke rumah makan ini, maka kamu akan langsung merasakan suasana Pulau Dewata. Karena pada pintu masuk, sudah terdapat Tudung dan Arca khas Bali. Selain itu, adanya ornamen Patra Sulur dan Kain Poleng juga melengkapi suasana Bali di tempat ini.

Teras Bali juga memiliki aksen yang bergaya vintage dengan sentuhan modern, sangat menawan. Sesuai dengan Namanya, yakni Teras Bali. Maka kamu akan merasakan rumah makan yang terbuka dengan nuansa Bali yang kental. Teras Bali sangat digemari oleh masyarakat, baik itu muda maupun tua.

Berlokasi di jalan utama kota Pekalongan, membuat Teras Bali dapat sangat mudah kamu temukan. Hal ini karena tempatnya yang sangat strategis. Untuk alamatnya adalah terletak di Jalan H. Agus Salim No. 72, Poncol, Kecamatan Pekalongan Timur. Atau dengan kata lain, berjarak 100 meter dari alun-alun kota Pekalongan.

7 rekomendasi kuliner khas Pekalongan di atas bisa kamu coba ketika berkunjung ke Pekalongan. Sehingga, kamu dapat merasakan begitu nikmat rasanya berbagai masakan dengan cita rasa Pekalongan. Tentu saja, kamu harus mengajak orang terdekat harga nuansa kekeluargaannya terasa. Menikmati lezatnya kuliner Pekalongan dengan keluarga adalah salah satu hal yang menyenangkan.

Itulah beberapa informasi dari tempat makan rekomendasi yang kami berikan kepada kamu, yuk, kuliner ke Pekalongan!

Tinggalkan Balasan