Game Esports Android

Game Esport Android Terbaik

Saat ini, banyak sekali game mobile yang masuk ke ranah Esports. Mulai dari genre FPS, TPS, MOBA, hingga battle royale. Saking banyaknya game Esports, banyak gamer pemula yang bingung untuk memilih game yang tepat.

Gamer pemula ingin memainkan game Esports Android yang seru dan menghibur. Syukur-syukur bisa menghasilkan uang. Entah, melalui turnamen, atau menjadi atlet Esports. Setelah berulang kali mencoba game Esports, banyak gamer pemula mengeluh. Komunitas game ini banyak yang toksik dan berkata kasar. Grafis game jelek. Game Esportsnya lemot. Mode permainannya itu-itu saja. Tidak ada masa depan cemerlang bagi gamer yang menekuni game Esports ini. Dan masih banyak keluhan lainnya.

Dari keluhan tersebut, akhirnya kami melakukan kurasi game Esports yang sedang popular saat ini. Dan akhirnya, terpilihlah 10 game Esports terbaik untuk Android dan iOS. Game Esports yang kami rekomendasikan memiliki gameplay yang seru, komunitas yang menyenangkan dan jenjang karir yang bagus. Jadi, gamer  memiliki peluang besar untuk menghasilkan uang dari game tersebut. Tertarik? Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel ini sampai selesai.

1. Arena of Valor

Game Esport Android - Arena of Valor

Arena of Valor (AoV) merupakan game multiplayer online battle arena (MOBA) hasil kolaborasi 4 developer game besar dunia. Developer AoV adalah Tencent, TiMi Studios, Garena dan Proxima Beta.

Berkat inovasi dan kegigihan para developer dalam mengembangkan game MOBA, Saat ini, Arena of Valor memiliki grafis game yang bagus, gameplay yang variatif dan komunitas gamer yang besar. Karena kelebihan itulah, kini game Arena of Valor bisa memiliki lebih dari 100 juta player aktif di seluruh dunia.

Berkat dukungan dari semua pihak, kini Arena of Valor mulai menapaki karir baru sebagai game Esports Android dengan genre multiplayer online battle arena (MOBA). Sekilas info, saat ini AoV sedang menggelar turnamen skala besar, yaitu Arena of Valor International Championship 2020. Turnamen ini memperebutkan hadiah sebesar $500.000 USD atau setara dengan 7 miliar rupiah. Turnamen ini berlangsung sejak tanggal 19 November 2020 hingga 20 Desember 2020, Ada puluhan tim dari berbagai negara yang ikut berpartisipasi. Wow, awesome.

Apakah kamu juga ingin menjadi player Esports Arena of Valor? Yuk, segera download dan mainkan gamenya.

2. Call of Duty Mobile

Game Esport Android - Call of Duty Mobile

Call of Duty Mobile merupakan game genre first person shooter (FPS) turunan dari game PC series Call of Duty. Kamu akan melihat banyak karakter dan gameplay yang mirip dari game aslinya. Seperti, zombie survival, team deathmatch, hingga battle royale. Hal ini dikarenakan TiMi Studio dan Tencent Games ingin menghidupkan keseruan game Call of Duty melalui platform Android.

Tak butuh waktu lama bagi TiMi Studio dan Tencent untuk membesarkan ekosistem game mobile Call of Duty. Fans dari game PC Call of Duty banyak yang menyukai Call of Duty Mobile. Jadi, sejak tahun kemarin, Call of Duty Mobile sudah memiliki turnamen sendiri. Dan selang beberapa waktu, Call of Duty sudah resmi menjadi game Esports.

Untuk turnamen Esports, Call of Duty Moblie menyelenggarakan Call of Duty Mobile World Championship 2020. Turnamen ini diselenggarakan di Los Angeles, USA. Total peserta ada 8 tim Esports. Diantaranya:

  • Tribe Gaming – Amerika Utara
  • Influence Rage – Amerika Latin
  • KingsClan – Eropa Barat
  • Team Mayhem – Eropa Timur & Asia
  • REJECT – Jepang
  • NRX 29:11 – Asia Tenggara
  • T11 – Korea Selatan
  • Oxygen Esports – Vietnam

Kedelapan tim ini memperebutkan total hadiah sebesar $750.000 USD atau setara dengan 10 miliar rupiah. Sangat fantastis, bukan?

Kami merekomendasikan game Call of Duty Mobile sebagai salah satu game Esports Android terbaik karena masa depannya cerah. Banyak komunitas di berbagai negara. Game dapat menghasilkan uang melalui streaming di Twitch, Facebook Gaming, YouTube hingga menjadi atlet Esports. Pokoknya, ini game menjanjikan banget.

3. Fortnite

Game Esport Android - Fortnite

Setelah sukses dalam debutnya sebagai game battle royale PC sejak tahun 2017, kini Fortnite juga hadir di platform Android. Memang fitur Fortnite mobile belum selengkap versi di game PC, tapi gameplay dan controllernya sudah sangat nyaman.

Bagi yang belum tahu, Fortnite adalah game genre third person shooter (TPS) & battle royale karya developer Epic Games. Game ini fokus pada permainan bertahan hidup. Player yang dapat hidup sampai akhir pertarungan battle royale adalah pemenangnya.

Tidak seperti game battle royale pada umumnya, Fortnite menawarkan kesenangan tersendiri. Di mana, ada berbagai kostum unik, senjata unik hingga aksi-aksi kocak dari para player Fortnite. Dengan begitu, kamu tidak akan bosan memainkan Fortnite dalam waktu lama.

Ada 3 alasan kenapa kami merekomendasikan game Esports Android Fortnite:

  • Pertama, Fortnite memiliki grafis game yang menawan dan dilengkapi dengan item game yang nyeleneh. Jadi, kamu akan terhibur saat memainkan game Fortnite.
  • Kedua, gamer yang memiliki skill battle royale yang baik dapat menghasilkan uang melalui bermain game. Game dapat menghasilkan game dengan cara menjadi joki, streaming di Twitch, hingga mengikuti turnamen.
  • Ketiga, Fortnite memiliki banyak event turnamen Esports dari skala lokal hingga World Championship Internasional. Jadi, Fortnite memiliki jenjang karir yang bagus bagi para gamer berbakat.
  • Terakhir, banyak pro player yang berbagi strategi melalui video streaming. Jadi, gamer pemula akan lebih mudah meningkatkan keterampilannya dalam bermain game.

Player terbaik dari game Fortnite mobile saat ini adalah Kyle “Bugha” Giersdorf, Fray, dan NRG Benjyfishy.

Tertarik untuk mencoba game Esports Android Fortnite? Segera download gamenya melalui situs resmi Fortnite. 100% gratis (free to play).

4. Free Fire

Game Esport Android - Free Fire

Rekomendasi game Esports Android berikutnya adalah Garena Free Fire. Free Fire merupakan game perang online dengan genre action-adventure battle royale yang dimainkan dengan perspektif third person shooter. Kenapa kami merekomendasikan game Free Fire? Karena Free Fire merupakan salah satu game perang terbaik untuk Android dan iOS yang memiliki gameplay seru dan menghibur.

Gambaran singkat, gameplay dari Free Fire. Player akan melakukan pertarungan hidup-mati dengan 50 player di pulau terpencil. Setiap player akan diturunkan dengan cara skydiving di berbagai lokasi yang berbeda. Mulai dari sini, setiap player wajib menjaga diri masing-masing. Karena game perang battle royale ini akan mencari last standing player. Player yang lengah akan mudah mati di awal permainan. Jadi, lengkapi dirimu dengan strategi dan senjata terbaik.

Popularitas game perang Free Fire di Indonesia sangat tinggi. Terbukti, Free Fire telah terdaftar sebagai game Esports Android yang rutin menggelar turnamen dan pencarian atlet berbakat. Turnamen Esports Free Fire yang baru saja digelar adalah turnamen Free Fire Indonesian Masters (FFIM) 2020. Kejuaraan itu menghasilkan 3 tim Esports berbakat yang akan maju ke turnamen yang lebih besar. Mereka adalah Evos Esports, RRQ Hades, dan Onic Olympus.

Ketiga tim Esports Free Fire ini akan mengikuti turnamen Free Fire Continental Series (FFCS) 2020. Mereka akan memperebutkan hadiah dengan nilai total sebesar $300.000 USD atau setara dengan 4,2 miliar.

Tertarik untuk menjadi next atlet Free Fire Indonesia? Yuk, segera download dan mainkan game Free Fire.

5. Hearthstone

Game Esport Android - Hearthstone

Hearthstone merupakan permainan battle card karya developer Blizzard Entertainment. Hearthstone mengambil intisari dari game Warcraft dan mengimplementasikannya ke model battle card. Bagi kamu yang familier dengan Warcraft, kamu pasti akan akrab dengan elemen, relik dan karakter yang muncul di Hearthstone. Karena kebanyakan item, karakter, elemen dan atribut kartu mengambil dari game Warcraft.

Hearthstone pertama kali rilis pada platform Microsoft Windows dan macOS di bulan Maret 2004. Awalnya banyak kritik dari gamer, namun Blizzard Entertainment dengan sigap menghadirkan inovasi sesuai keinginan player. Tidak butuh waktu lama, Hearthstone menjadi game online popular di seluruh dunia.

Dan pada akhir tahun 2014, tepatnya pada 15 Desember 2004, Blizzard Entertainment melakukan ekspansi lintas platform. Kemudian lahirlah, Game Esports Android Hearthstone. Saat ini, Hearthstone baru saja mengadakan Hearthstone World Championship 2020. Turnamen ini berlangsung sejak 12-14 Desember 2020. Total hadiah yang diperebutkan senilai $500.000 USD atau setara dengan 7 miliar. Wow, hadiahnya sangat fantastis, bukan?

Kami merekomendasikan game Hearthstone untuk gamer yang suka game strategi battle card. Karena game ini akan sangat seru dan menantang bagi gamer yang doyan mikir dan merancang strategi.

6. Identity V

Game Esport Android - Identity V

Identity V merupakan game multiplayer dengan genre asymmetrical horror karya developer NetEase Games. Sejak rilis tahun 2018, game Identity V ini langsung mendapatkan banyak penggemar. Gameplayasimetris 1vs4 dengan nuansa horor menjadi daya tarik Identity V. Terlebih ada unsur gothic art style dan plot cerita yang misterius. Makin, candu deh main game ini.

Fitur menarik dari game Identity V:

  • Pertarungan intensif dengan mode asimetris 1vs4. Di mana, player akan bermain dengan komposisi 1 pemburu dan 4 survivors. Pemburu bertugas membunuh survivor dan survivor bertugas untuk bertahan hidup. Agar bisa selamat, survivor perlu memecahkan kode sandi, membuka gerbang dan melarikan diri.
  • Game Identity V memiliki grafis dengan gaya visual yang gotik. Rasanya seperti melakukan perjalanan kembali ke era Victoria. Unik dan menyenangkan.
  • Identity V memiliki background settings yang menarik. Ada unsur story telling bernuansa detektif dan horor yang epik selama permainan.
  • Pemilihan peta secara acak. Jadi, player akan selalu menemukan kejutan baru selama permainan.
  • Ada banyak karakter unik dengan kemampuan khusus. Jadi, kamu dapat menyesuaikan karakter game dengan strategi dan kepribadian player. Menarik, bukan?

Berkat kegigihan NetEase Games dalam membangun komunitas gamer, akhirnya, Identity V menjadi game Esports Android. Jadi, selain untuk hiburan, gamer berbakat dapat menjadi atlet Esports dengan jenjang karir yang menjanjikan. Turnamen Esports dari game Android Identity V terbaru adalah Identity V Championship SEA 2020. Turnamen Esports ini memperebutkan total hadiah senilai 900.000 bath atau setara dengan 432 juta rupiah. Penasaran dengan game asimetrical horror Identity V? Yuk, segera download gamenya di Google Play Store.

7. Marvel Super War

Game Esport Android - Marvel Super War

Rekomendasi game Esports Android berikutnya adalah Marvel Super War. Marvel Super War merupakan game multiplayer online mobile arena (MOBA) hasil kolaborasi developer NetEase dengan Marvel Entertainment. Game ini free to play, jadi kamu tidak perlu khawatir dengan biaya langganan bulanan.

Alasan kami merekomendasikan game ini adalah:

  • Pertama, semua karakter dari film-film Marvel ada di dalam game ini. Jadi, bagi kamu yang ngefans dengan Marvel, kamu pasti akan menyukai game MOBA Marvel Super War. Beberapa karakter terkenal dari Marvel, diantaranya: Captain America, Deadpool, Thanos, Iron-man, hingga Spider-man.
  • Kedua, Marvel Super War memiliki gameplay yang menarik, yaitu battle team 5v5. Tim yang bisa menghancurkan enemy base akan keluar sebagai pemenang. Player dapat menggunakan 6 class hero, 10 jenis battlespell pendukung dan atribut item.
  • Ketiga, telah memiliki turnamen resmi dengan hadiah miliaran rupiah. Jadi, bagi gamer berbakat, kamu akan memiliki masa depan cerah jika berkarir sebagai player profesional Marvel Super War.
  • Terakhir, banyak kostum keren baru untuk pada hero dan villain yang terinspirasi dari Marvel’s Black Widow.

Biarpun baru rilis pada 19 Desember 2019, game Marvel Super War sudah mendapatkan popularitas tinggi di kalangan gamer. Terbukti, saat ini game Marvel Super War sudah diinstall lebih dari 10.000.000 kali. Dan Marvel Super War sudah menjadi game Esports Android yang popular. Segera dapatkan gamenya di Google Play Store sekarang.

8. Mobile Legends: Bang-Bang

Game Esport Android - Mobile Legends Bang-Bang

Bagi pecinta game MOBA, pasti kamu tidak asing lagi dengan game Mobile Legends: Bang-Bang. Mobile Legends telah menjadi game Esports Android yang sangat terkenal di Indonesia. Developer Moonton sangat serius untuk menggarap pangsa pasar Asia, khususnya Indonesia. Terbukti, banyak sekali turnamen di Indonesia. Mulai dari lokal sampai Nasional.

Kenapa game Mobile Legends menjadi game Esports Android yang layak dimainkan?

  • Pertama, Mobile Legends telah memiliki komunitas yang besar di Indonesia. Jadi, player newbie mudah mendapatkan panduan dari para pro player. Dengan begitu, kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk mastering sebuah karakter game.
  • Kedua, Mobile Legends memiliki gameplay yang beragam. Mulai dari rank match, team fight 5v5, battle royale, tower defence, hingga auto battler. Artinya, kamu tidak akan bosan berlama-lama bermain game.
  • Ketiga, Ada 103 hero keren yang bisa kamu pilih sebagai karakter andalan.
  • Terakhir, game Mobile Legends termasuk game online ringan yang bisa kamu mainkan di Android. Di mana, ukuran game Mobile Legends hanya 56 Mb.

Tidak diragukan lagi bahwa game Mobile Legends adalah pioneer game Esports di Indonesia. Berbagai turnamen besar sudah digelar. Misalnya, Mobile Legends World Championship 2019, di Malaysia. Turnamen ini memperebutkan total hadiah senilai $250.000 USD atau setara dengan 3,53 miliar rupiah. Dan juara pertama berasal dari Indonesia, yaitu tim EVOS Esports.

Apakah kamu ingin menjadi atlet Esports Mobile Legends Indonesia di masa mendatang? Yuk, segera download game Mobile Legends dan jadilah pro player.

9. PUBG Mobile

Game Esport Android - PUBG Mobile

PUBG Mobile adalah game battle royal free to play yang bisa kamu mainkan di perangkat Android. Sejak rilis resmi pada 20 Desember 2017, PUBG Mobile telah menjelma menjadi game Esports Android yang sangat besar.

Developer PUBG Corporations selalu melakukan inovasi yang hebat untuk memanjakan komunitasnya. Seperti adanya item-item khusus, spesial kostum, hingga menambah gameplay baru di game PUBG. Dengan demikian, player akan terus antusias bermain game PUBG.

Ada beberapa fitur menarik yang menjadi daya pikat game PUBG Mobile, diantaranya:

  1. PUBG Mobile memiliki banyak mode permainan yang menarik. Misalnya, mode battle royale, mode payload, mode zombie, hingga team deathmatch.
  2. Free to play on mobile. Artinya, kamu dapat memainkan game PUBG secara gratis di HP Android milikmu.
  3. Ada banyak peta pertempuran di PUBG Mobile. Mulai dari Erangel, Miramar, Vikendi hingga Sanhok. Player akan berkompetisi di medan pertempuran yang sangat besar dan realistis. Siklus siang malam dan cuaca juga berubah secara dinamis. Ada juga medan perang di perkotaan, gurun, hingga hutan. Pokoknya lengkap banget, deh!
  4. Player mendapatkan kebebasan dalam membuat tim. Jadi, kamu bisa solo, duo, 4-player squads, semua fleksibel, bebas. PUBG telah memfasilitasi semua kebutuhan tersebut.

Menarik, ya? Tapi, ada yang lebih seru, lho! Tahun ini ada 2 tim Esports Indonesia yang berlaga di PUBG Mobile Global Championship 2020. Mereka adalah tim Esports Bigetron RA dan Aerowolf LIMAX.

Catatan: Kompetisi ini diikuti oleh 24 tim dari berbagai negara. Dan semua tim berjuang untuk memperebutkan hadiah total senilai $2.000.000 USD atau setara dengan 28 miliar.

Tertarik untuk menjadi pro player PUBG Mobile? Ayo segera download dan mainkan gamenya.

10. League of Legends: Wild Rift

Game Esport Android - League of Legends Wild Rift

Rekomendasi game Esports Android terakhir dari kami adalah League of Legends: Wild Rift. League of Legends: Wild Rift merupakan game online dengan genre multiplayer online battle arena (MOBA) yang sangat seru dan kompetitif. Biarpun game ini baru rilis di platform Android dan iOS pada bulan Desember 2020, tapi animo gamer sangat tinggi.

Bagaimana tidak, ini game buatan developer Riot Games, lho! Developer berselera tinggi yang sukses membesarkan game online PC League of Legends. Dan pastinya, Riot Games akan membawa pengalaman baru di ranah game MOBA Android.

Ada 5 alasan kenapa kamu wajib main League of Legends: Wild Rift:

  1. League of Legends: Wild Rift adalah adaptasi langsung dari game online League of Legends PC. Di mana, LoL adalah pelopor dari kemunculan game MOBA di seluruh dunia.
  2. Player akan mendapatkan pengalaman baru di arena pertarungan 5v5. Di mana, peta Rift dibangun ulang khusus untuk pengguna Android dan iOS.
  3. Riot Games akan mempersembahkan Original Champions League of Legends.
  4. League of Legends: Wild Rift termasuk game gratis (free to play) yang adil dan bukan game pay-to-win.
  5. Riot Games memiliki ambisi besar untuk menjadikan LoL: Wild Rift sebagai game Esports Android terbesar di dunia. Jadi, masa depan game MOBA LoL Wild Rift sangat cemerlang. Akan ada turnamen Esports LoL: Wild Rift berhadiah miliaran di masa yang akan datang.

Tertarik untuk mencoba game Esports Android League of Legends: Wild Rift? Segera download gamenya di Google Play Store sekarang.

Demikian ulasan kami tentang 10 game Esports Android terbaik tahun ini. Kesepuluh game Esports tersebut memiiki masa depan yang cemerlang. Jadi, jangan ragu-ragu untuk segera download dan memainkannya. Akhir kata, kami juga ingin mendengar opinimu. Singkat saja, mana game Esports favorit kamu? Kenapa kamu menyukai game tersebut? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan