Doa Meminta Kesembuhan

Doa Meminta Kesembuhan

Seperti roda yang berputar, ada kalanya kita sehat dan ada kalanya juga kita merasakan sakit. Ketika kita sakit, disini Allah SWT akan menguji seberapa besar iman kita kepada-Nya. Berdoa dan berikhtiar, itulah yang harus kita lakukan.

Datangnya sebuah penyakit yang menimpa diri kita sendiri adalah sebuah takdir Allah SWT, yang mana kita tidak mengetahui kapan datangnya penyakit tersebut.

Kita tidak boleh mengumpat ketika penyakit datang kepada kita, justru Allah SWT telah memberi nikmat yang mana ketika kita diberi sakit, dosa – dosa kita akan terhapus sebagian.

Kita dapat berikhtiar dengan cara berobat ke dokter, menggunakan obat – obat yang dapat menyembuhkan penyakit kita. Disisi lain, kita juga harus berdoa untuk kesembuhan kita.

Lalu bagaimana bacaan doa meminta kesembuhan? Berikut penjelasannya doanya yang kami dapat dari Yuksinau.id.

Doa Meminta Kesembuhan Lengkap

1. Doa Al Fatihah

Doa Al Fatihah sebagai pembuka kitab suci Al Quran mengandung banyak sekali manfaat terhadap diri kita. Salah satunya untuk kesembuhan penyakit.

Caranya, baca surat Al Fatihah sebanyak 40 kali pada gelas berisi air, lalu air tersebut diusapkan pada kedua belah tangan, kaki, muka, kepala dan seluruh badan.

Sisanya dapat anda minum. Lakukan itu setiap hari, Insya Allah penyakit anda akan sembuh.

2. Doa kesembuhan penyakit dengan Sholawat Tibbil Qulub

Anda bisa membaca sholawat tibbil qulub agar selalu dijaga kesehatan dan terhindar dari segala penyakit.

Baca 10 kali sholawat tibbil qulub dibawah ini sambil menyentuh tubuh yang terasa sakit. Amalkan sholawat ini setiap hari. Berikut bacaannya :

Artinya :

“Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhan, penyehat badan dan kesembuhannya sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan merupakan makanan pokok jasmani dan rohani. Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para sahabat-sahabatnya.”

3. Doa Rasulullah ketika menjenguk orang sakit

Di dalam beberapa riwayat hadis, seperti hadits riwayat Attirmidzi, Abu Dawud, dan Alhakim disebutkan bahwa Ibnu Abbas ra pernah mendengar Rasulullah SAW berbsabda bahwa barangsiapa yang menjenguk orang sakit sebelum ajal tiba baginya, hendaknya bacakanlah doa ini sebanyak 7 kali agar Allah menyembuhkan penyakitnya. Berikut bacaan doanya :

“Asalullahal adhim, robbal Arsyil adhim an-yasyfiyaka”

Artinya :

“Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan yang mempunyai arasy yang besar, semoga Allah menyembuhkan penyakit engkau.”

4. Doa Kesembuhan Nabi Ayub as

Rasulullah SAW juga membacakan doa kesembuhan Nabi Ayub as ini untuk kesembuhan keluarganya. Dengan mengusapkan tangan kanan beliau berdoa

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذهِبِ البَأسَ اشفِ أَنتَ الشَّافِيء لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاوءُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Artinya :

“Ya Allah Tuhan Manusia, hilangkanlah rasa sakit ini. Sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari Mu. Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan satu penyakit apapun.”

5.  Doa kesembuhan untuk orang lain dan diri sendiri

Rasulullah SAW mengajarkan doa – doa kesembuhan yang dapat kita gunakan untuk mendoakan diri sendiri atau orang lain yang sedang sakit agar diberi kesembuhan oleh Allah SWT. Bacalah doa ini sebanyak 7 kali, sembari tangan kanan anda diletakkan pada bagian tubuh yang sakit.

“Bismillah A’uudzu Bi’izzatillahi wa Qurdratihi Min Syarri Maa Ajidu wa Uhaadziru”

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.”

6. Doa kesembuhan untuk orang yang mengalami sakit parah

Jika anda sedang menjenguk orang yang sakir parah, sehingga dokter berpendapat bahwa ini sudah sulit untuk disembuhkan lagi, lebih baik kita mendoakan orang tersebut dengan doa seperti :

Allah menurunkan penyakit pasti ada obatnya. Selain itu, sakit bisa menghapus sebagian dosa. Seperti sabda Rasulullah SAW yang artinya “Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya.” [HR Muslim]

Maka dari itu, jangan pernah sekali-kali berburuk sangka pada Allah dari apa yang anda alami. Allah memberikan kebaikan dari berbagai cara yang tidak pernah kita pikirkan. Bersyukurlah pada setiap nikmat yang diberikan pada kita.

Tinggalkan Balasan