Tips Desain Cafe Agar Instagramable dan Kekinian

Anda yang sedang atau akan bergelut dengan dunia bisnis khususnya cafe atau tempat nongkrong, tentu akan sangat memperhatikan bagaimana nanti desain cafe sebagai tempat yang menarik para pembeli. Konsep ruang publik seperti cafe membutuhkan aspek kenyamanan maksimal. Namun tidak hanya itu, desain cafe juga harus mempertimbangkan sisi keunikan dan kekinian sehingga memberikan nilai plus bagi pengunjung. Desain cafe memang sangat krusial sebagai branding strategy.

Nah, di artikel kali ini akan ada beberapa tips desain cafe untuk Anda aplikasikan.

7 Hal Yang Perlu di Perhatikan dalam Mendesain Cafe

1. Tentukan Tema

Dalam mendesain sebuah kafe, tentu Anda harus menentukan terlebih dahulu tema yang ingin Anda terapkan. Anda dapat mempertimbangkan banyak hal seperti lokasi kafe, sasaran pelanggan, dan menu apa saja yang ingin Anda sajikan. Pikirkan dahulu secara matang mengenai tema desain yang tepat bagi Anda. Gaya vintage, modern, kontemporer, industrial dan minimalis adalah tema desain cafe yang populer. Tema dapat direpresentasikan dari berbagai macam sisi seperti furniture dan cat warna dinding. Pastikan segala elemen harus menyesuaikan tema yang sudah Anda pilih ini.

2. Pemilihan Furniture

Dalam memilih furniture seperti kursi dan meja, Anda harus memperhatikan sisi kualitas yang efektif untuk suatu ruangan. Desain dari furniture dan fungsi kenyamanan adalah hal yang utama. Meskipun dengan mengutamakan kualitas furniture bisa saja akan mengurangi kuantitas meja dan kursi di dalam ruangan, itu bukan jadi masalah.  Anda harus memastikan furniture Anda adalah pilihan terbaik sesuai tema yang diusung karena ini salah satu faktor paling besar untuk dapat membuat pelanggan betah di kafe Anda. Apabila anda mencari ide desain furniture dari kayu palet anda bisa kunjungi dijabodetabek.id.

3. Pencahayaan

Faktor penting berikutnya dalam mendesain ruangan adalah pencahayaan. Hal ini sangat berhubungan dengan konsep yang ingin ditampilkan. Bahkan pencahayaan yang tepat akan memberikan nasfu makan bagi pengunjung ketika sedang menyantap makanan. Pencahayaan datang dari 2 jenis yaitu artificial dan natural. Jenis pencahayaan artificial berhubungan dengan pilihan lampu yang bisa mendatangkan daya tarik. Ini termasuk jenis pencahayaan ambient, accent, dan dekoratif untuk melahirkan suasana ruang yang diharapkan.

4. Desain Plafon

Poin selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah peran langit-langit atau plafon pada cafe. Selain harus menarik, pemilihan plafon juga mempertimbangkan terhadap fungsi tertentu seperti meredam suara. Banyak desain plafon yang dapat Anda pilih, seperti plafon jenis akustik, plafon dengan ornament kayu, plafon dengan aksen tanaman rambat, plafon transparant yang memperlihatkan pemandangan langit, dan masih banyak referensi lainnya.

5. Sediakan Area Spot Foto

Desain cafe instagrammable memang sangat memperhatikan area yang dapat dimanfaatkan sebagai spot foto. Anda dapat menambahkan sisi yang bersifat iconic di kafe Anda untuk menarik perhatian pelanggan. Nuansa yang unik dari sebuah cafe akan memberikan nilai plus bagi pengunjung. Dengan pengunjung membagikan hasil fotonya di kafe Anda ke social media, maka ini bisa jadi langkah strategis untuk memasarkan kafe Anda.

6. Pemilihan Asesoris dan Hiasan Cafe

Sebagai tujuan untuk memperindah ruang dalam kafe, Anda dapat mengkreasikan imajinasi dalam pemilihan aksesoris dan hiasan lainnya. Bersenang-senang dalam merancang dengan menuangkan ide-ide yang terlintas sesuai konsep apa yang ingin Anda bangun.

7. Pemilihan Jendela

Bentuk dan frame jendela perlu didesain dengan baik agar cahaya alami dapat masuk ke dalam ruangan tanpa menyilaukan. Kombinasi antara bayang-bayang frame jendela dengan pencahayaan yang tepat akan memberikan kesan mendalam bagi pengunjung, lho! Selain itu bisa juga memberikan kesan positif dan semangat. Jendela besar pada sebuah cafe sangat ideal untuk menarik orang-orang dari luar bisa menyaksikan seberapa nyaman atmosfer di dalam sebuah cafe.

Demikian beberapa tips untuk Anda mendesain cafe yang instagramable dan kekinia. Bisnis cafe seperti ini sebaiknya diperhitungkan secara matang.

Tinggalkan Balasan