Cara Hapus Password Windows 10

Windows 10 mempunyai fitur pengaturan password di mana kalian bisa membuat password untuk akun yang biasa dipakai login di Windows 10.

Dengan adanya password yang mengunci komputer, maka orang lain tidak akan bisa mengakses komputer kalian seenaknya. Tak perlu lagi khawatir dengan keamanan data-data di dalam komputer karena akses masuknya telah dilindungi.

Sayangnya beberapa orang justru menganggap password di Windows 10 sebagai gangguan yang merepotkan. Terlebih karena kita perlu memasukkan password setiap kali menyalakan komputer atau laptop.

Bahkan ketika kita hendak “membangunkan” komputer dari mode tidur pun kita perlu mengetikkan password lagi. Hal tersebut cenderung membuat orang tidak nyaman, khususnya bagi mereka yang perlu bolak-balik membuka komputer dalam keseharian.

Jika kalian termasuk dalam golongan orang yang terganggu dengan password Windows 10, mungkin sekarang saatnya untuk mematikan fitur tersebut. Untungnya, caranya gampang sekali sehingga siapapun pasti bisa melakukannya.

Jika sekiranya berubah pikiran, kalian tetap bisa mengaktifkan password kembali dengan mudah. Tenang saja, kami akan menunjukkan cara menghapus password Windows 10 yang kami kutik dari https://netgeek.id/ dalam beberapa pilihan metode berbeda.

Cara 1: Menghapus Password Login Windows 10

  1. Buka jendela Windows dengan mengklik ikonnya di pojok kiri bawah. Bisa juga melalui cara lain yaitu dengan menekan tombol Windows + S di keyboard secara bersamaan.
  2. Akan muncul bilah pencarian lalu ketikkan netplwiz pada kolom dan klik Enter.
  3. Kemudian klik pada akun yang biasa kalian pakai untuk login di Windows 10, letaknya di bawah Users for this computer.
  4. Setelah itu, hapus tanda centang yang ada di samping tulisan Users must enter a username and password to use this computer.
  5. Klik tombol Apply yang terletak di pojok kanan bawah.
  6. Masukkan Username, Password, dan Confirm Password  di kolom pop up yang muncul.
  7. Tekan OK untuk konfirmasi kemudian tekan OK lagi agar perubahan tersimpan.

Cara 2: Menghapus Password untuk Local Account

  1. Tekan tombol Windows  + I di keyboard untuk membuka bilah pengaturan atau Settings.
  2. Klik pada pilihanbertuliskan Accounts.
  3. Kemudian klik Sign-in options yang ada di bagian kiri.
  4. Perhatikan layar bagian kanan lalu cari tombol Password.
  5. Tekan tombol Change yang berada di bawah tulisan Change your account password.
  6. Masukkan password yang dipakai sekarang di kolom Current password lalu klik Next.
  7. Akan ditampilkan jendelaberjudul Change you password yang berisi kolom-kolom untuk mengubah password. Nah, semua kolom itu tidak perlu diisi dan biarkan tetap kosong dengan klik Next.
  8. Tekan tombol Finish untuk menyelesaikan penghapusan password.

Cara 3: Menghapus Password untuk Akun Microsoft Administrator

  1. Buka jendela Setting lalu klik opsi Accounts.
  2. Pilih opsi bertuliskan Your info, kemudian klik pada tulisan Sign in with local account instead.
  3. Klik tombol Next.
  4. Masukkan password terkini di kolom Current password dan klik Next.
  5. Pada 4 baris kolom yang muncul, hanya isi pada bagian User name dan tinggalkan tiga kolom di bawahnya agar tetap kosong.
  6. Terakhir, klik Next lalu klik Sign out and finish untuk menyimpan perubahan.

Itulah tiga cara mudah untuk menghapus password di Windows 10. Setelah kalian menyelesaikan setiap langkah di atas, maka tidak lagi diperlukan password untuk mengakses komputer dengan Windows 10.

Perlu dicatat bahwa meniadakan password berarti siap dengan konsekuensi bahwa siapapun dapat mengakses komputer kalian sehingga meningkatkan resiko keamanan data.

Tinggalkan Balasan