9 Tips Agar Belajar Mengaji Lebih Menyenangkan

Cara belajar mengaji untuk pemula adalah dengan mengenali huruf hijaiyah terlebih dahulu. Untuk mendapatkan hasil terbaik, belajar mengaji memang harus dilakukan secara konsisten agar terbiasa. Untuk itu, Anda perlu tips agar belajar mengaji lebih menyenangkan khususnya bagi anak-anak.

Bagi yang sudah dewasa, mengaji menjadi kebiasaan dan dilakukan atas kesadaran masing-masing. Hal itu belum tentu terjadi pada anak-anak yang lebih memilih bermain dibandingkan mengaji yang menurut mereka membosankan.

Tips Agar Belajar Ngaji Lebih Menyenangkan

Agar anak tidak mudah bosan dalam mengaji, simak cara di bawah ini yang membuat anak lebih termotivasi.

  • Belajar Ngaji di TPA

Anda dapat mengajak anak untuk belajar mengaji di TPA  yang biasanya diadakan di masjid dekat rumah. Nantinya, anak akan diajarkan untuk menghafal doa sehari-hari, belajar mengaji, dan menulis Al-Quran. Anak akan lebih senang karena di TPA, anak belajar bersama banyak teman.

  • Membaca Secara Berantai

Membaca berantai merupakan cara membaca Al-Quran secara sambung menyambung antara satu orang dengan orang lainnya. Anda dapat lakukan bersama anak dengan mengumpulkan beberapa anggota keluarga serta membagi bacaan dalam Al-Quran sesuai dengan urutan.

Dengan begitu, mengaji akan terasa menyenangkan bagi anak karena mereka tidak mempelajarinya sendirian namun beramai-ramai dengan anggota keluarga yang ia kenali.

  • Memberikan Hadiah Atas Pencapaian

Anda juga bisa memberikan anak sebuah hadiah agar anak lebih bersemangat dalam mengaji. Tentunya, anak akan tertarik untuk mendapatkan hadiah yang akan diberikan dengan cara lebih mengasah kemampuan mereka dalam mengaji. Bahkan, anak bisa lebih rajin dari sebelumnya, lho.

Memberikan hadiah pada anak atas pencapaiannya tidak selalu barang-barang yang mahal. Anda dapat menghadiahkan anak makanan atau minuman favoritnya atau jika perlu membelikannya mainan baru agar anak lebih bersemangat untuk bisa mendapatkan hadiah tersebut.

  • Memberikan Kuis-Kuis Singkat

Anda juga bisa membuat kuis-kuis singkat untuk anak dengan tema yang masih mencakup isi Al-Quran. Dengan metode belajar ngaji yang lebih menyenangkan ini, anak jadi merasa tertantang dan semakin bersemangat dalam belajar mengaji untuk bisa menjawab kuis-kuis yang diberikan.

  • Memberikan Buku Iqro

Anda juga dapat memberikan buku iqro dan memberikannya pemahaman terkait isi di dalamnya. Dalam mengajari anak, Anda harus tetap sabar dan konsisten untuk menciptakan motivasi anak dalam membaca Al-Quran. Dengan begitu, anak akan senang tanpa dipaksa sama sekali.

  • Menceritakan Kisah Nabi

Menceritakan kisah Nabi yang terdapat dalam Al-Quran merupakan salah satu tips agar belajar mengaji lebih menyenangkan yang patut dicontoh. Anak-anak biasanya menyukai cerita yang Anda bacakan. Untuk itu, Anda bisa menceritakannya sembari mengajarkan nilai-nilai yang patut ditiru.

  • Mendengarkan Ayat Al-Quran dengan Media Digital

Bagi anak-anak zaman sekarang yang lebih suka bermain gadget, mendengarkan ayat Al-Quran melalui gadget dapat menjadi sesuatu yang menarik dan membuat anak bersemangat dalam membaca Al-Quran. Download beberapa aplikasi Al-Quran digital di ponsel Anda untuk anak.

Anak yang sudah terbiasa mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran akan lebih termotivitas untuk belajar Al-Quran sendiri tanpa perlu Anda suruh kembali.

  • Menyanyikan Huruf-Huruf Hijaiyah

Menyanyi dapat Anda lakukan agar anak tidak mudah bosan dalam membaca Al-Quran. Anda tentu dapat menciptakan suasana yang menyenangkan agar anak lebih mudah menangkap ilmu tentang Al-Quran yang diberikan. Menyanyikan secara terus menerus akan membuat anak jadi mudah hafal.

  • Menghargai Segala Usaha

Anda sebaiknya menghargai usaha yang dilakukan anak dalam membaca Al-Quran. Hal ini akan membuat anak merasa lebih termotivasi dan tertarik untuk membaca Al-Quran setiap harinya. Anak juga akan lebih merasa dihargai dengan usahanya dalam mengaji.

Anda bisa memulainya dengan memberikan pujian pada anak. Siapa yang tidak suka ketika diberi pujian? Anak pun pastinya merasakan hal yang sama dan merasa bahwa orangtuanya bangga akan peningkatkan dalam kemampuan mengaji yang mereka miliki. Jadi, jangan sungkan untuk memuji!

Itulah tips agar belajar mengaji lebih menyenangkan khususnya untuk anak-anak. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengajak anak termotivasi untuk mengaji asalkan Anda tetap sabar dan konsisten dengan metode-metode menyenangkan yang dibuat agar anak tidak mudah bosan dalam mengaji.

Tinggalkan Balasan